Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Eddy K. Sariaatmadja Hibahkan 1 Persen Saham EMTK Rp728,77 Miliar

Eddy K. Sariaatmadja melepas 612.417.516 saham yang mewakili 1 persen dari total saham yang dikeluarkan dan disetorkan Emtek (EMTK).
Komisaris Utama sekaligus pemilik PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, Eddy Kusnadi Sariaatmadja./emtek
Komisaris Utama sekaligus pemilik PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, Eddy Kusnadi Sariaatmadja./emtek

Bisnis.com, JAKARTA -  Konglomerat Pemilik PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) Eddy Kusnadi Sariaatmadja menghibahkan 1 persen saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) atau Emtek yang digenggamnya senilai Rp728,77 Miliar.

Corporate Secretary Elang Mahkota Teknologi Titi Maria Rusli menerangkan pria yang juga menjabat sebagai komisaris utama dan pemegang saham lebih dari 5 persen EMTK tersebut telah melakukan pengalihan sahamnya pada 8 Desember 2022.

"Tujuan transaksi untuk hibah dengan status kepemilikan saham langsung," jelas keterbukaan informasi, Senin (12/12/2022).

Titi menjelaskan Eddy K. Sariaatmadja melepas 612.417.516 saham yang mewakili 1 persen dari total saham yang dikeluarkan dan disetorkan EMTK.

Dengan pengalihan tersebut, jumlah saham dan persentase kepemilikan saham EMTK yang digenggam langsung oleh Eddy berkurang dari 14,05 miliar saham setara 22,94 persen menjadi 13,43 miliar saham setara 21,94 persen.

Keterbukaan tersebut tidak menjelaskan kepada siapa hibah saham tersebut diberikan. Namun, yang jelas hibah saham ini setara Rp728,77 miliar.

Berdasarkan data Forbes terbaru, Eddy K. Sariaatmadja menduduki peringkat 19 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi 2022. Kekayaannya mencapai US$2,4 miliar. 

Setidaknya terdapat tiga sumber kekayaan Eddy, mulai dari bisnis media, bisnis telekomuikasi dan solusi IT serta penyedia layanan internet.

Pada bisnis media, Grup Emtek memiliki beberapa perusahaan yang menaungi saluran televisi antara lain SCTV, Indosiar, dan O Channel. Keluarga Eddy menguasai saham SCTV mencapai 78,69 persen.

Sumber kekayaan Eddy Kusnadi juga berasal dari perusahaan telekomunikasi dan solusi TI yang masuk dalam Grup Emtek. Di sektor ini, Emtek menyediakan serangkaian infrastruktur, jasa informasi, serta layanan komunikasi dan informatika.

Selain itu, divisi ini juga meliputi solusi teknologi untuk industri telekomunikasi, perbankan dan pembayaran ritel, serta solusi jasa untuk Very Small Aperture Terminal (VSAT) terintegrasi.

Terakhir, Emtek juga menaungi divisi konektivitas yang menyediakan layanan internet, termasuk layanan TV digital wireless berbayar untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper