Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

ARB Beruntun, Gojek Tokopedia (GOTO) Turun Kasta dari Decacorn?

Kapitalisasi pasar GOTO saat ini mencapai Rp146 triliun, menurun drastis setelah sahamnya anjlok dan mengalami ARB beruntun.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 06 Desember 2022  |  05:35 WIB
ARB Beruntun, Gojek Tokopedia (GOTO) Turun Kasta dari Decacorn?
CEO Grup GoTo Andre Soelistyo dalam acara paparan publik IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), Selasa (15/3 - 2022). Kapitalisasi pasar GOTO saat ini mencapai Rp146 triliun, menurun drastis setelah sahamnya anjlok dan mengalami ARB beruntun.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saham teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) tercatat masih mengalami auto reject bawah (ARB), dengan ditutup melemah 9 poin atau 6,82 persen ke level Rp123 per saham. Apakah GOTO masih berstatus decacorn?

Dengan penutupan perdagangan Senin (5/12/2022), saham GOTO tercatat telah ditutup ARB selama 12 sesi berturut-turut atau 6 hari bursa. Turunnya saham GOTO ini turut menurunkan kapitalisasi pasar GOTO ke Rp146 triliun.

Kapitalisasi pasar GOTO yang turun menjadi Rp146 triliun ini, membuat GOTO keluar dari status perusahaan decacorn menjadi unicorn.

Melansir Investopedia, status unicorn disematkan kepada startup dengan valuasi lebih dari US$1 miliar. Sementara itu, perusahaan teknologi dengan valuasi lebih dari US$10 miliar disebut decacorn.

Mengacu pada kurs Jisdor Senin (5/12/2022) sebesar Rp15.409 per dolar AS, maka GOTO setidaknya butuh kapitalisasi pasar sebesar Rp154 triliun untuk kembali menyandang status sebagai perusahaan decacorn.

Kapitalisasi pasar GOTO tercatat terus susut sejak melantai di Bursa. Pada hari perdananya melantai di BEI, market cap GOTO menyentuh Rp400 triliun, dan sempat menyentuh angka tertinggi Rp466 triliun.

Jumlah market cap GOTO saat itu empat menyalip kapitalisasi pasar PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) di posisi tiga besar. Namun, terkini kapitalisasi pasar GOTO tercatat berada pada posisi 10 dalam kategori emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar di BEI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Goto GoTo Gojek Tokopedia IHSG bursa efek indonesia Unicorn
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top