Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Daftar 5 Miliarder Kripto yang Paling Boncos Tahun Ini

Secara total, para 'bandar' kripto teratas dunia ini telah kehilangan nilai kekayaan sekitar US$112,7 miliar atau setara Rp1.738 triliun untuk tahun ini saja.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 04 Desember 2022  |  14:48 WIB
Ini Daftar 5 Miliarder Kripto yang Paling Boncos Tahun Ini
CEO Binance Changpeng Zhao, yang lebih dikenal sebagai CZ merupakan salah satu orang terkaya di industri kripto saat ini - Istimewa.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tahun 2022 menjadi tahun yang sulit secara finansial bagi miliarder kripto setelah pasar mengalami kerugian kripto hingga triliunan dolar.

Melansir dari South China Morning Post pada Minggu (4/12/2022), runtuhnya Sam Bankman-Fried dan FTX Gary Wang memicu kehancuran di pasar kripto yang telah menghapus miliaran dari kekayaan bersih individu terkaya di industri ini.

“Dari CEO Binance Changpeng Zhao, yang lebih dikenal sebagai CZ, hingga Chris Larsen dari Ripple dan Brian Armstrong dari Coinbase, hampir tidak ada nama kripto terbesar yang lolos tanpa cedera,” demikian laporan South China Morning Post.

Secara total, para pemimpin kripto teratas telah kehilangan senilai US$112,7 miliar untuk tahun ini saja. Berikut adalah daftarnya:

 

1. Changpeng Zhao – US$82 miliar

Dikenal sebagai raja kripto Tiongkok, tetapi tahun 2022 bukanlah tahunnya Changpeng Zhao. Menurut Crypto Presales, Zhao kehilangan sekitar US$82 miliar.

CEO Binance ini kehilangan uang karena harga kripto anjlok. Namun, Zhao masih menjadi sosok terkaya di dunia kripto dengan kekayaan bersih saat ini sebesar US$14,6 miliar. Tahun 2022 adalah penurunan besar-besaran dari perkiraan kekayaan bersihnya sebesar US$96,5 miliar pada tahun lalu.

2. Sam Bankman-Fried – US$23 miliar

Sebelum kehancuran, CEO FTX ini diperkirakan memiliki kekayaan sekitar US$26 miliar. Taruhannya di FTX dan kripto trading house Alameda adalah asetnya yang paling berharga. Dia kehilangan US$23 miliar secara mengejutkan hanya dalam tiga minggu karena bursa kripto FTX berjuang dengan likuiditas.

Adapun, menurut Forbes Advisor, dan Sam Bankman-Fried sekarang sedang diselidiki di AS dan negara lain untuk kemungkinan pelanggaran aturan sekuritas.

3. Gary Wang – US$1,7 miliar

Sebagai salah satu pendiri FTX lainnya, Gary Wang kehilangan sekitar US$1,7 miliar setelah runtuhnya bursa kripto tersebut. Wang adalah orang termuda yang muncul dalam daftar 400 orang kaya teratas Forbes pada 2022. Kekayaan bersihnya sekarang mencapai sekitar US$4,2 miliar, saat laporan ini dipublikasikan

4. Brian Armstrong – US$4,7 miliar

Brian Armstrong adalah kepala eksekutif dan salah satu pendiri Coinbase dan menderita kerugian terbesar ketiga di antara lima raksasa kripto teratas. Menurut Crypto Presales, kekayaan Armstrong baru-baru ini turun sebesar US$4,7 miliar. Setahun yang lalu kekayaan bersihnya diperkirakan US$6,6 miliar, tetapi sekarang berada di US$1,9 miliar.

5. Chris Larsen – US$1,3 miliar

Meskipun tetap berada di enam besar orang terkaya di industri kripto, menurut Crypto Vantage, tahun 2022 kekayaan Chris Larsen menurun sebesar US$1,3 miliar. Salah satu pendiri Ripple ini memiliki net worth US$4,3 miliar hanya beberapa bulan yang lalu. Sekarang kekayaan bersihnya bernilai sekitar US$3 miliar, menurut perhitungan Crypto Presales.

Menurut Forbes, Ripple didirikan untuk memfasilitasi pembayaran internasional bagi bank yang menggunakan teknologi blockchain. Larsen mengundurkan diri sebagai CEO pada 2016, tetapi tetap menjadi ketua eksekutif. Pada 2019, yayasan Larsen memberikan US$25 juta kepada San Francisco State University.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

FTX aset kripto Binance daftar miliarder cryptocurrency
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top