Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Telkom (TLKM) Sediakan Wifi Gratis Kecepatan 300 Mbps di IKN

Telkom akan membawa teknologi baru yang disebut Wifi 6 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 30 November 2022  |  07:59 WIB
Telkom (TLKM) Sediakan Wifi Gratis Kecepatan 300 Mbps di IKN
Telkom akan membawa teknologi baru yang disebut Wifi 6 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten BUMN telekomunikasi PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) berencana untuk membawa teknologi baru untuk jaringan nirkabel atau wifi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Vice President Network/IT Strategy Telkom Rizal Akbar menjelaskan, salah satu hal penting yang ditekankan dalam pembangunan IKN Nusantara adalah kecepatan internet untuk masyarakat.

Telkom akan membawa teknologi baru yang disebut Wifi 6 yang memiliki kecepatan internet jauh di atas rata-rata yang ada saat ini. Nantinya, jaringan tersebut akan tersedia di seluruh IKN Nusantara dan menjadi fasilitas publik yang dapat digunakan masyarakat.

"Kalau koneksi wifi itu dapat 10 mb sudah bagus sekali, di wifi 6 itu sampai 300 mbps rencananya," ujarnya saat ditemui Bisnis di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Rizal menambahkan salah satu yang menjadi syarat wajib untuk menjadikan IKN Nusantara sebagai kota pintar adalah jaringan 5G.

Pasalnya, sejumlah infrastruktur seperti mobil kendali otomatis memerlukan jaringan 5G untuk dapat beroperasi dengan baik. Saat ini, jaringan 5G baru tersedia di kota-kota tertentu sehingga akan menjadi pengalaman baru untuk juga dapat dihadirkan di IKN Nusantara.

"Teknologi 5G ekspektasinya diseluruh IKN akan siap, 5G, wifi 6 itu hal besar di IKN yang bisa terpasang di seluruh kota," ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk kebutuhan internet di rumah, pihaknya juga akan memberikan teknologi baru berupa fiber to the room.

Menurutnya, teknologi tersebut akan membuat koneksi internet di rumah akan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan jaringan fiber biasa.

"Fiber to the room 1 gbps , jadi setiap ruangan itu 1 gbps," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom tlkm BUMN IKN wifi
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top