Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Tetapkan Kupon ST009 6,15 Persen, Minat Beli?

Kupon yang ditetapkan untuk seri ST009 sebesar 6,15 persen bersifat mengambang atau floating with floor.
Ilustrasi OBLIGASI. Bisnis/Abdullah Azzam
Ilustrasi OBLIGASI. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah telah menetapkan besaran kupon atau imbalan Sukuk Tabungan (ST) seri ST009 sebesar 6,15 persen.

Berdasarkan rilis Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Rabu (9/11/2022), masa penawaran dari ST008 akan dimulai pada 11 November 2022  hingga 30 November 2022.

Kupon yang ditetapkan untuk seri ST009 sebesar 6,15 persen bersifat mengambang atau floating with floor. Artinya besaran kupon ST009 akan disesuaikan dengan perubahan tingkat suku bunga Bank Indonesia (BI) sebagai acuan.

Pembayaran kupon periode pertama akan dilakukan pada tanggal 10 Desember 2022-10 Februari 2023 dengan kupon yang berlaku kupon sebesar 6,15 persen. Perinciannya, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) pada saat penetapan sebesar 4,75 persen ditambah spread yang ditetapkan sebesar 140 bps.

“Tingkat kupon untuk periode 3 bulan pertama sebesar 6,15 persen tersebut berlaku sebagai tingkat kupon minimal (floor). Tingkat kupon minimal tidak berubah sampai dengan jatuh tempo,” demikian penjelasan DJPPR Kementerian Keuangan.

Masyarakat yang tertarik berinvestasi pada instrumen ritel yang mempunyai tanggal jatuh tempo 10 November 2024 ini dapat mulai memesan dengan minimum pemesanan Rp1 juta dan maksimum Rp2 miliar.

Sementara itu, periode penyampaian minat pencairan sebelum jatuh tempo atau early redemption akan dibuka pada 25 Oktober 2023 hingga 3 November 2023. Nilai maksimal early redemption adalah 50 persen dari setiap transaksi pembelian yang telah dilakukan pada masing-masing Mitra Distribusi.

Proses pemesanan pembelian ST008 secara online dilakukan melalui 4 tahap yaitu registrasi atau pendaftaran,  pemesanan, pembayaran dan setelmen atau konfimasi. Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper