Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebelum Diakuisisi Crazy Rich Hermanto Tanoko, CAKK Bangun Usaha Baru

Sebelum diakuisisi oleh crazy rich Surabaya, Hermanto Tanoko, emtiten keramik CAKK sempat mendirikan anak usaha baru.
Presiden Komisaris PT Avia Avian Hermanto Tanoko./Instagram
Presiden Komisaris PT Avia Avian Hermanto Tanoko./Instagram

Bisnis.com, JAKARTA – Sebelum diakuisisi oleh crazy rich Surabaya, Hermanto Tanoko, emtiten keramik CAKK sempat mendirikan anak usaha baru.

PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk. (CAKK) mendirikan anak usaha baru PT Mega Inspirasi Sumber Sejahtera (MISS). Anak usaha anyar itu dibentuk pada 13 Oktober 2022 dan mendapatkan pengesahan dari Kemenkum HAM pada 18 Oktober 2022.

CAKK memiliki 99 persen saham MISS atau sebanyak 224 saham dengan nilai nominal Rp224 juta. Adapun struktur pemodalan sebagai berikut:

Modal dasar berjumlah Rp900 juta terbagi atas 900 saham dengan nilai nominal Rp1 juta. Modal ditempatkan dan disetor sebesar 25 persen atau berjumlah Rp225 juta yang terbagi atas 225 saham.

Sementara itu, perusahaan Group Tancorp milik salah satu orang terkaya di Indonesia, Hermanto Tanoko, resmi mengambil alih sebagian besar kepemilikan saham emiten keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk. (CAKK). Akuisisi ini membuat perusahaan Crazy Rich Surabaya itu menjadi pengendali baru CAKK.

Berdasarkan pengumuman di media massa, PT Tancorp Bangun Indonesia (TBI) telah melakukan pembelian saham CAKK di pasar negosiasi dari PT Marissi Idola Sumber Sejahtera, Johan Silitonga, dan Luciana Sutanto pada 19 Oktober 2022.

Total saham yang dibeli adalah 662 juta lembar atau setara dengan 55,02 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor perusahaan. Saham tersebut dibeli di Harga Rp229 per lembar sehingga total transaksi akuisisi mencapai Rp151,59 miliar (Rp151.598.000.000).

Sebelum pengambilalihan produsen keramik merk Kaisar tersebut, Tancorp Bangun Indonesia tidak memiliki kepemilikan saham di CAKK. Keduanya juga tidak memiliki hubungan afiliasi sebagaimana tertuang dalam Pasal 7 ayat (2) POJK No. 9/2018.

Direksi Tancorp Bangun Indonesia menjelaskan akuisisi ini dilakukan untuk memperkuat dan mengembangkan portofolio investasi di sektor industri bahan bangunan. CAKK sebagai produsen keramik dinilai memiliki potensi untuk terus berkembang pada masa mendatang.

“Dengan pengambilalihan tersebut, TBI juga akan memberikan nilai tambah kepada CAKK melalui rencana pengembangan usaha CAKK,” tulis direksi Tancorp Bangun Indonesia.

Seiring dengan pengambilalihan ini, Tancorp Bangun Indonesia akan melaksanakan tender offer kepada seluruh saham CAKK yang dimiliki oleh publik, dengan mempertimbangkan ketentuan dalam Peraturan OJK No. 9/2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper