Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Astra (ASII) Dikabarkan Jual Asuransi Astra Life Rp7,5 Triliun, Siapa Pembelinya?

Astra International (ASII) disebut tengah mempertimbangkan opsi penjualan lini bisnis asuransi jiwanya, Astra Life, dengan nilai mencapai Rp7,5 triliun.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 27 September 2022  |  10:45 WIB
Astra (ASII) Dikabarkan Jual Asuransi Astra Life Rp7,5 Triliun, Siapa Pembelinya?
Astra International (ASII) disebut tengah mempertimbangkan opsi penjualan lini bisnis asuransi jiwanya, Astra Life, dengan nilai mencapai Rp7,5 triliun. Bisnis - Abdurachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten konglomerasi, PT Astra International Tbk. (ASII) disebut tengah mempertimbangkan opsi penjualan unit bisnis asuransi jiwanya dengan potensi raihan dana hingga US$500 juta atau setara Rp7,5 triliun (kurs Rp15.000 per dolar AS).

Mengutip Bloomberg, Selasa (27/9/2022), konglomerasi Grup Astra tengah bekerja sama dengan penasihat keuangan untuk mengevaluasi ulang PT Asuransi Jiwa Astra, juga dikenal sebagai Astra Life, kata orang-orang yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena prosesnya bersifat pribadi.

Selain penjualan penuh, opsi lain yang sedang dipertimbangkan termasuk penjualan sebagian dan mendirikan usaha patungan, kata sumber Bloomberg tersebut.

Kesepakatan juga dapat melibatkan apa yang disebut kemitraan bancassurance, di mana perusahaan asuransi dapat menjual produknya di cabang bank dan saluran ritel lainnya untuk jangka waktu tertentu, tambah mereka.

Astra lanjutnya, tengah mencari penilaian US$300 juta hingga US$500 juta untuk perusahaan asuransi jiwa dalam sebuah transaksi. Diskusi masih dalam tahap awal dan Astra masih bisa memutuskan untuk mempertahankan aset tersebut.

Didirikan pada 2014, Astra Life menawarkan produk-produk termasuk asuransi jiwa konvensional, kesehatan dan kecelakaan, serta asuransi jiwa syariah, menurut situs jaringannya.

Perusahaan memiliki premi tertulis bruto sebesar Rp5,7 triliun (US$377 juta) dan total aset sebesar Rp7,1 triliun dan melayani 3,5 juta orang pada akhir tahun lalu.

Bisnis Astra International mulai dari otomotif dan jasa keuangan hingga pertambangan dan properti dan memiliki hampir 189.000 karyawan, menurut situs webnya. Jardine Cycle & Carriage Ltd. adalah pemegang saham terbesarnya dengan kepemilikan 50,1 persen.

Saham Astra International telah meningkat sekitar 22 persen tahun ini, mengungguli benchmark Indeks Harga Saham Gabungan Bursa Efek Jakarta, yang naik sekitar 8 persen pada periode yang sama. Perusahaan ini memiliki nilai pasar sekitar US$18,7 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

astra astra international asii asuransi Astra Life divestasi

Sumber : Bloomberg

Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top