Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Bisnis-27 Dibuka Merah, Saham UNTR & PWON Paling Buntung

Mayoritas penghuni indeks Bisnis-27 hari ini mengawali perdagangan di zona merah, searah dengan IHSG yang melemah.
Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks Bisnis-27 mengawali perdagangan akhir pekan ini, Jumat (23/9/2022) dengan pelemahan ke posisi 601,54. Mayoritas konstituennya melemah pasca pengumuman kenaikan suku bunga Bank Indonesia (BI) kemarin.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.03 WIB, indeks hasil kerja sama bursa dengan harian Bisnis Indonesia tersebut turun 1,9 poin atau setara 0,32 persen.

Dari 27 konstituen , hanya 3 saham terpantau bergerak di zona hijau, 8 saham stagnan, dan 16 saham sisanya berada di zona merah.

Di posisi pertama konstituen yang mencatatkan pelemahan terbesar yaitu emiten alat berat grup Astra, PT United Tractors Tbk. (UNTR) yang mengalami pelemahan 2,42 persen atau 850 poin ke level 34.250. Selanjutnya, ada saham PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) yang melemah 1,78 persen ke harga 496.

Selain kedua emiten tersebut, konstituen yang menarik turun indeks Bisnis-27 di antaranya EMTK, ADRO, ASII, PTBA, ANTM, dan BRPT yang masing-masing harga sahamnya tergerus 1,76 persen. 1,46 persen, 1,39 persen, 1,38 persen, 0,96 persen, dan 0,59 persen.

Sementara itu, minoritas saham yang melemah dipimpin oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT) yang naik 1,73 persen atau 40 poin ke harga 2.350. Selanjutnya, ada saham HEAL dan MDKA juga yang masing-masing naik 0,66 persen dan 0,24 persen.

Adapun saham-saham yang stagnan mencakup SMGR, BBNI, BMRI, INCO, dan INDF. Selain itu, MNCN, TBIG, dan UNVR juga terpantau tidak bergerak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper