Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waran Terstruktur BRI Meluncur 14 September 2022, Cek Harga & Jadwalnya

Harga penawaran waran terstruktur BRI berkisar Rp278-Rp342, sementara harga pelaksanaan sekitar Rp4.280-Rp5.225.
Menara Brilian dari Bank BRI./Istimewa
Menara Brilian dari Bank BRI./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT RHB Sekuritas Indonesia siap meluncurkan penawaran waran terstruktur PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) dengan kode BBRIDRCM3A pada 14 September 2022.

Berdasarkan keterbukaan informasi di BEI, dikuti Selasa (13/9/2022), tipe waran terstruktur yang diterbitkan adalah european style dengan jenis waran terstruktur tipe call.

Harga penawaran waran terstruktur berkisar Rp278-Rp324, sementara harga pelaksanaan sekitar Rp4.280-Rp5.225. Adapun jumlah waran terstruktur BBRI yang akan dicatatkan di Bursa sebanyak 30 juta unit.

Sesuai rencana, penerbitan waran terstruktur tambahan untuk memfasilitas liquidity provider akan mencapai 30 juta unit. Untuk rasio konversi waran terstruktur adalah 3 call waran terstruktur untuk 1 saham BBRI. Masa berlaku ditetapkan 9 bulan.

Lebih lanjut periode waran terstruktur ini adalah 19 September 2022-13 Juni 2023. Sedangkan tanggal pelaksanaan waran tersebut dijadwalkan 19 September 2023.

Nantinya, ketentuan mengenai penghitungan harga penyelesaian akan dilakukan dengan menggunakan rata-rata harga penutupan underlying waran terstruktur di pasar reguler selama lima hari Bursa sebelum tanggal pelaksanaan waran terstruktur.

Berikut jadwal penawaran waran terstruktur BRI: 

  • Batasan Masa Penawaran : 14 September 2022
  • Tanggal Akhir Penjatahan : 15 September 2022
  • Tanggal Penetapan Harga : 15 September 2022
  • Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan, jika ada: 16 September 2022
  • Tanggal Pencatatan: 19 September 2022

KSEI akan melakukan pendistribusian dana yang telah diterima dari KPEI ke rekening partisipan sebagai pemegang waran terstruktur sesuai dengan ketentuan di KSEI pada hari Bursa ke-3 setelah tanggal pelaksanaan.

Apabila jumlah penyelesaian tunai sama atau kurang dari nol pada tanggal pelaksanaan, call warrant akan berakhir dan menjadi tidak berlaku pada tanggal pelaksanaan. Alhasil kewajiban penerbit sehubungan dengan waran terstruktur akan berakhir sepenuhnya.

Sebelumnya, Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengatakan, waran terstruktur adalah efek yang diterbitkan oleh lembaga keuangan, yang memberikan hak kepada pembelinya untuk menjual atau membeli sebuah underlying securities pada harga dan tanggal yang telah ditentukan.

Salah satu keunggulan waran terstruktur untuk investor adalah modal yang lebih kecil dibandingkan membeli saham konvensional. Investor dapat membeli waran terstruktur dan menikmati potensi keuntungan yang optimal seperti pembelian saham.

Selain itu, proses exercise waran akan dilakukan secara otomatis saat jatuh tempo. Investor akan langsung menerima uang tunai apabila posisi waran tersebut in the money atau harga lebih tinggi dari harga pembelian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper