Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Wamen BUMN: Telkom (TLKM) Gandeng Perusahaan Elon Musk Layani Indonesia Timur

Telkom Indonesia (TLKM) bekerja sama dengan Starlink, perusahaan satelit milik Elon Musk guna memperkuat akses internet di Indonesia Timur.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 30 Agustus 2022  |  16:10 WIB
Wamen BUMN: Telkom (TLKM) Gandeng Perusahaan Elon Musk Layani Indonesia Timur
(Ki-ka) Direktur Utama Telkom Group Ririek Adriansyah, Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dan Komisaris Utama Telkom Group Rhenald Kasali di acara penandatanganan Perjanjian Jual Beli Bersyarat antara Telkomsel dengan Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) untuk pengalihan kepemilikan sebanyak 6.050 menara telekomunikasi di Jakarta, Selasa (20/10) - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten telekomunikasi BUMN, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) bekerja sama dengan Starlink, perusahaan milik orang terkaya di dunia, Elon Musk, guna memperkuat layanan di kawasan Indonesia bagian timur.

Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan saat ini emiten bersandi TLKM terus memperkuat ekosistem tulang punggung digitalnya di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Indonesia bagian timur.

"Kami juga sedang kerja sama dengan Starlink kalau nanti jadi, dengan Elon Musk, wilayah yang remote, seperti di Papua, NTT, Maluku, ini tidak dapat menggunakan kabel, jadi menggunakan satelit berketinggian rendah seperti Starlink ini," terangnya dalam acara Bisnis Indonesia Goes To Campus (BGTC) di ITB, Bandung, Selasa (30/8/2022).

Dengan demikian, usaha melakukan literasi dan akses inklusi digital terus diperkuat apalagi saat Covid-19 peserta didik seluruhnya menggunakan internet. Tiko sapaannya, menjelaskan TLKM menjangkau masyarakat daerah terluar dan terjauh untuk bisa mengakses pendidikan melalui internet.

Wamen yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri ini juga menerangkan TLKM membangun jaringan infrastruktur menggunakan investasi belanja modal hingga Rp20 triliun dalam setahun.

Investasi yang tinggi tersebut karena pengembangan infrastruktur Indonesia menghadapi tantangan berupa negara kepulauan.

"Kabel fiber kita itu 171.644 Km, fiber optic yang dijalankan Telkom baik antar pulau maupun daratan itu 4 kali keliling dunia, untuk membuat masyarakat bisa download, streaming Tiktok, Youtube, dan segala macam," terangnya.

TLKM membangun jaringan infrastruktur tulang punggung guna memberikan layanan dengan latensi rendah dan minim gangguan. Investasi tersebut mulai dari serat fiber, BTS, hingga data center.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom tlkm elon musk Starlink satelit Bisnis indonesia goes to campus (BGTC)
Editor : Yustinus Andri DP
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top