Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian BUMN Tegaskan Investasi Telkom TLKM ke GOTO Tak Politis, Sudah Terapkan GCG

Rapat Panitia Kerja (Panja) investasi Telkom TLKM ke GOTO masih berlanjut dan Wamen II BUMN Kartika Wirjoatmodjo menegaskan tak ada unsur politis.
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam paparan publik setelah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (27/5/2022).
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam paparan publik setelah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (27/5/2022).

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo menegaskan kepada DPR RI investasi TLKM ke GOTO tak ada unsur politis dan telah menerapkan good corporate governance (GCG) .

Kementerian BUMN lanjutnya, berkomitmen membangun ekosistem digital termasuk investasi Telkom ke GOTO. Salah satu jalan yang ditempuh dengan menggandeng perusahaan startup digital.

Hal itu ditegaskan Wamen Kartika terkait investasi anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) yakni PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

"Kementerian BUMN melihat bahwa salah satu kunci dapat bertahan dan berjalan lebih baik lagi di era disrupsi adalah antara lain dengan mengambil alih teknologi ataupun mengakuisisi teknologi baru," katanya dalam keterangan resmi pasca rapat tertutup Panja Investasi BUMN pada Perusahaan Digital Komisi VI DPR RI, Kamis (26/8/2022).

Rapat dipimpin Ketua Panja M Sarmuji. Selain Wamen BUMN, Panja juga menghadirkan Deputi Bidang Hukum dan Perundang-Undangan Kementerian BUMN Carlo B Tewu.

Upaya membangun ekosistem digital masuk dalam agenda kerja Kementerian BUMN karena di era disrupsi saat ini cukup banyak perusahaan plat merah yang tertinggal dari sisi digital.

Tiko, sapaan akrabnya, menyebut dalam 2,5 tahun terakhir, kementerian yang dipimpin Erick Thohir mengakselerasi agar perusahaan BUMN mengadopsi digital teknologi dan masuk dalam sistem digital.

Kartika juga menegaskan investasi Telkomsel ke GoTo sudah memenuhi aspek Good Corporate Governance (GCG) atau tata kelola perusahaan. Dalam pelaksanaan aksi korporasi, Telkomsel diwajibkan mengikuti tata kelola perusahaan yang baik sesuai peraturan perusahaan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Dalam setiap proses kerjasama terlebih dahulu dilakukan kajian kelayakan yang didalamnya termasuk kajian hukum dan keekonomian," tegas Kartika.

Dalam pelaksanaan aksi korporasi dan mendukung penerapan GCG, lanjutnya, pada Anggaran Dasar diatur mengenai penetapan batasan dan kriteria perbuatan direksi yang harus mendapat persetujuan tertulis dari Dewan Komisaris.

"Kegiatan Direksi juga harus mendapat tanggapan tertulis dari Dewan Komisaris dan persetujuan RUPS," kata Wamen Kartika.

Kementerian BUMN juga menegaskan tidak ada fraud dan kick back dalam keputusan investasi Telkomsel ke GoTo. Sebab, Telkom dan Telkomsel telah mempunyai SOP yang memadai.

Dalam SOP-nya, Direksi wajib menyusun SOP dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku dan SOP ini menjadi dasar proses dan tahapan pemilihan mitra.

Ditekankan, ada pemegang saham lain di GOTO yang akan melakukan validasi yakni Singapore Telecommunications Limited (SingTel). Dengan kata lain, proses investasi Telkomsel di GOTO sudah sesuai dengan regulasi perusahaan karena telah diketahui dan disetujui SingTel.

"Ada pemegang saham lain yang akan memvalidasi, SingTel enggak akan mau kalau ini merugikan," ucap Wamen Kartika.

Sementara itu, anggota panja yang juga Wakil Ketua Komisi VI M Haekal mengakui jika go online adalah sebuah keniscayaan. Dia mencontohkan teknologi pesan berbayar seperti SMS yang dulu sangat disambut antusias masyarakat, belakangan menghilang digerus teknologi baru.

"Kita selalu mendorong konstituen untuk go online, padahal saya ini orang gaptek. Saya mengingatkan mereka karena akan berubah, kalau kita tidak ikut berubah kita yang akan ketinggalan," jelas Haekal.

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, teknologi marketplace juga menjadi sebuah keniscayaan.

Salah satunya yang hidup dan mendapatkan sambutan masyarakat adalah Tokopedia. Berikut Gojek yang kemunculannya sangat fenomenal dan memberikan kemudahan masyarakat dalam beraktifitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper