Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Murni Sadar (MTMH) Raih Sertifikat Wisata Medis, Bidik Pasien Lokal dan Asing

PT Murni Sadar Tbk. (MTMH) yang memperoleh sertifikat wisata medis membidik pasien lokal hingga asing.
Emiten asal Sumatera Utara, PT Murni Sadar Tbk (MTMH) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada Rabu (20/4/2022).
Emiten asal Sumatera Utara, PT Murni Sadar Tbk (MTMH) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada Rabu (20/4/2022).

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten rumah sakit PT Murni Sadar Tbk. (MTMH) menerima sertifikat sebagai rumah sakit penyelenggara wisata medis di Kota Medan dari Kementerian Kesehatan RI. Perusahaan mengharapkan apresiasi ini bisa meningkatkan kinerja agar pasien di dalam negeri tidak perlu berobat ke luar negeri.

“Kami beriterima kasih kepada Kemenkes RI yang telah mempercayakan MTMH sebagai salah satu penyelenggara wisata medis di Medan. Kami akan terus berusaha mengembangkan seluruh jaringan rumah sakit yang berada dibawah naungan Murni Teguh Hospitals agar pasien-pasien tidak perlu berobat ke luar negeri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, cukup di Medan,” kata Presiden Direktur MTMH Mutia sebagaimana dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (20/8/2022).

Mutia juga mengatakan Murni Sadar menargetkan pasien-pasien luar negeri dan dalam negeri dapat berobat di Medan. Status MTMH sebagai salah satu rumah sakit yang memiliki layanan unggulan kardiovaskular dan kanker dinilai sebagai modal besar untuk menyelenggarakan layanan wisata medis.

“RS Murni Teguh memang layak menyelenggarakan layanan wisata medis, dengan pertimbangan sisi pelayanan bagus, begitu juga layanan unggulan berupa kardiovaskular dan kanker yang juga sudah kami nilai dan layak untuk ditawarkan sebagai wisata medis,” kata Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes RI Siti Khalimah saat penyerahan sertifikat.

MTMH tercatat membukukan pendapatan sebesar Rp983,16 miliar sepanjang 2021, meningkat 72,85 persen dibandingkan dengan 2020 sebesar Rp568,77 miliar.

Mayoritas pendapatan disumbang dari segmen pemeriksaan kesehatan dengan kontribusi sebesar Rp312,49 miliar, naik dari posisi 2020 sebesar Rp198,77 miliar. Sementara itu, kontribusi dari obat-obatan tercatat mencapai Rp282,33 miliar dan jasa dokter sebesar Rp131,79 miliar.

Sebelumnya pada 16 Agustus 2022, MTMH mengumumkan telah mengakuisisi saham PT Setia Utama Realty (SUR), perusahaan pengelola apartemen Pejaten Indah. Nilai transaksi dari akuisisi ini mencapai Rp121,17 (121.176.309.037) miliar.

Sekretaris Perusahaan Murni Sadar Anton Sudjarot menjelaskan akuisisi ini akan memberikan dampak positif pada keberlangsungan operasional Murni Sadar dan mendukung rencana pengembangan dan peningkatan bisnis.

“PT SUR adalah pengelola apartemen Pejaten Indah, yang nantinya akan dikonversi menjadi rumah sakit sehingga akan menambah jaringan rumah sakit Murni Teguh Hospitals,” lanjutnya.

Dia juga mengatakan apartemen Pejaten Indah terletak di lokasi yang strategis di kota Jakarta Selatan. Hal itu dipandang dapat meningkatkan kinerja MTMH maupun secara konsolidasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper