Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alfaria Trijaya (AMRT) Raih Emiten Ritel Barang Primer Terbaik Bisnis Indonesia Award 2022

Penghargaan emiten terbaik sektor perdagangan ritel barang primer berhasil diraih oleh PT Sumber Alfaria dalam penganugerahan Bisnis Indonesia Award (BIA) 2022.
Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk di Kantor Pusat Alfamart Tangerang, Kamis (16/05/2019)./Istimewa
Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk di Kantor Pusat Alfamart Tangerang, Kamis (16/05/2019)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Pengelola jaringan minimarket Alfamart yakni PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT) berhasil memperoleh penghargaan emiten terbaik sektor perdagangan ritel barang primer dalam penganugerahan Bisnis Indonesia Award (BIA) 2022.

AMRT mendapatkan penghargaan ini setelah bersaing dengan emiten ritel lainnya yakni PT Midi Utama Indonesia Tbk. (MIDI) dan PT Supra Boga Lestari Tbk. (RANC).

Alfamart tercatat telah menambah 600 gerai baru sampai akhir semester I/2022 atau 60 persen dari target penambahan 1.000 gerai baru sepanjang 2022.

Penambahan gerai sejauh ini masih sesuai dengan komitmen Alfamart untuk memperluas jaringan di luar Pulau Jawa. Hampir 40 persen dari gerai baru dibuka di wilayah-wilayah luar Jawa seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Pembukaan gerai juga diiringi dengan peninjauan terhadap performa toko-toko yang telah beroperasi. Adapun rata-rata penjualan harian per toko (SSSG) kuartal I/2022 AMRT melampaui level prapandemi pada periode yang sama di 2019 dan 2020 menurut laporan Fitch Ratings.

Rata-rata penjualan harian per toko Alfamart naik menjadi Rp13,3 juta di kuartal I/2022 dengan lebih dari 19.000 toko konsolidasi yang dioperasikan. Pada kuartal I/2020 dan kuartal I/2021, rata-rata penjualan harian per toko Alfamart hanya Rp13 juta dan Rp12 juta.

AMRT tercatat menyiapkan Rp3,4 triliun sampai Rp3,5 triliun belanja modal atau capital expenditure (capex) pada 2022 yang dialokasikan untuk ekspansi bisnis, termasuk target penambahan 1.000 gerai baru.

Gerai Sumber Alfaria Trijaya dan entitas anak sepanjang 2021 tumbuh sekitar 7,27 persen atau bertambah 1.275 gerai dibandingkan dengan 2020. Tambahan gerai baru ini membuat total gerai menjadi 18.810 unit yang terdiri atas 16.492 gerai milik AMRT dan 2.318 gerai milik entitas anak.

Adapun, Bisnis Indonesia Award (BIA) merupakan bentuk penghargaan dari Bisnis Indonesia Group terhadap para pelaku bisnis di Indonesia, terutama korporasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dan perusahaan finansial yang memiliki kinerja cemerlang.

Bisnis Indonesia Award dalam pelaksanaannya selalu mengangkat tema terkini yang relevan dengan perkembangan ekonomi dan dunia usaha di Tanah Air. Adapun, pada tahun ini Bisnis Indonesia Award mengusung tema “Bangkit pada Tahun Perubahan”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper