Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emiten Prajogo Pangestu, Chandra Asri (TPIA) Sabet Penghargaan Bisnis Indonesia Award 2022

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) menjadi jawara dalam kategori perusahaan terbaik sektor barang baku, mengalahkan MDKA, BRPT, INCO, dan ANTM.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 15 Agustus 2022  |  15:28 WIB
Emiten Prajogo Pangestu, Chandra Asri (TPIA) Sabet Penghargaan Bisnis Indonesia Award 2022
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan paparan saat acara Bisnis Indonesia Award (BIA) 2022 di Jakarta, Senin (15/8/2022). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten milik konglomerat Prajogo Pangestu PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) menyabet salah satu penghargaan bergengsi di ajang Bisnis Indonesia Awards 2022.

Emiten berkode saham TPIA ini menjadi jawara dalam kategori perusahaan terbaik sektor barang baku. TPIA berhasil meraih penghargaan tersebut dengan bersaing dengan nominator lainnya, yaitu PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA), PT Barito Pacific Tbk. (BRPT), PT Vale Indonesia Tbk. (INCO), dan PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM).

Sebagai catatan, TPIA membukukan kenaikan pendapatan bersih 13 persen menjadi US$677,7 juta dari US$598,4 juta pada kuartal I/2022 sebagai akibat dari harga jual rata-rata yang lebih tinggi di semua produk.

Akan tetapi, beban pokok pendapatan perseroan meningkat 45 persen menjadi US$652,7 juta dari US$450,8 juta pada pada kuartal I/2021, sebagian besar disebabkan oleh harga bahan baku rata-rata yang lebih tinggi dengan Naphtha pada US$856 per ton, dibandingkan dengan rata-rata US$534 per ton pada kuartal I/2021.

Selain itu, margin petrokimia yang lebih ketat dan lingkungan makro yang menantang mengakibatkan EBITDA TPIA turun menjadi US$24,1 juta dari US$146.7 juta pada periode yang sama tahun lalu.

Sebagai hasilnya, selama kuartal I/2022 TPIA mencatat rugi bersih sebesar US$11,1 juta dibandingkan dengan US$84.5 juta pada kuartal I/2021.

Sebagai informasi, Bisnis Indonesia Award (BIA) merupakan kegiatan tahunan dari Bisnis Indonesia. Pelaksanaan BIA 2022 memasuki tahun ke-20 sejak pertama kali dilaksanakan pada 2002.

BIA adalah penghargaan dari Harian Bisnis Indonesia, sebagai navigasi bisnis terpercaya, terhadap pelaku bisnis di Indonesia, khususnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Bisnis Indonesia Award dalam pelaksanaannya menggunakan tema tertentu yang ditentukan oleh redaksi Harian Bisnis Indonesia, berdasarkan pertimbangan tren bisnis dan ekonomi yang menjadi fokus perhatian redaksi selama periode award berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bisnis Indonesia Award chandra asri tpia prajogo pangestu
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top