Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebelum Rights Issue, Pan Brothers (PBRX) Naikkan Modal Dasar Jadi Rp875 Miliar

PBRX akan meningkatkan modal dasar dari Rp647,5 miliar yang terbagi atas 25,9 miliar saham yang masing-masing bernilai nominal Rp25, menjadi Rp875 miliar.
Proses penjahitan produk tekstil di pabrik PT Pan Brothers Tbk. /panbrotherstbk.com
Proses penjahitan produk tekstil di pabrik PT Pan Brothers Tbk. /panbrotherstbk.com

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten garmen PT Pan Brothers Tbk. (PBRX) akan melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue sebanyak-banyaknya 21,5 miliar saham dengan nilai nominal Rp25. PBRX akan meningkatkan modal dasarnya sebelum melakukan rights issue.

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (9/8/2022), manajemen PBRX mengatakan sebelum melakukan rights issue, PBRX akan meningkatkan modal dasar dari Rp647,5 miliar yang terbagi atas 25,9 miliar saham yang masing-masing bernilai nominal Rp25, menjadi sebesar Rp875 miliar saham yang terbagi atas 35 miliar saham yang masing-masing bernilai nominal Rp25.

Pengajuan pelaksanaan pendaftaran penambahan modal tersebut akan dilakukan PBRX setelah mendapatkan persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), yang rencananya akan dilakukan pada 15 September 2022.

Manajemen PBRX melanjutkan, dana hasil rights issue setelah dikurangi biaya emisi akan digunakan untuk modal kerja PBRX, untuk mendukung pengembangan usaha PBRX.

Lebih lanjut, manajemen menjelaskan rencana rights issue akan meningkatkan modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan sekitar 331,87 persen, dari modal ditempatkan dan disetor penuh saat ini.

Hasil rights issue akan meningkatkan dana kas PBRX dan menurunkan rasio liabilitas terhadap modal perseroan. Dengan demikian, hal ini akan memberikan ruang bagi perseroan untuk memperoleh pembiayaan rendah atas rencana ke depan perseroan.

Adapun dengan asumsi rights issue adalah maksimal 21,5 miliar saham, maka pemegang saham yang tidak melaksanakan rights issue-nya akan terkena dilusi kepemilikan maksimum sebesar 76,85 persen.

Sebelumnya, pada Juni lalu PBRX tercatat telah melakukan peningkatan modal dasar perseroan dari Rp300 miliar, menjadi Rp647,5 miliar dengan nilai nominal Rp25 per saham.

"Rights issue kami jadwalkan tahun ini. Makanya kami juga tadi persiapan, salah satu agendanya (RUPST) menaikkan modal," ucap Direktur Keuangan Pan Brothers Fitri Ratnasari Hartono, di Jakarta, Senin (27/6/2022).

Dia melanjutkan, hasil dana rights issue tersebut akan digunakan untuk mendukung modal kerja perseroan. Menurutnya, saat ini perseroan membutuhkan modal kerja dengan jumlah yang banyak untuk membeli bahan mentah (raw material) dan melakukan produksi.

Rencananya, emiten berkode saham PBRX ini akan menjajaki rights issue dengan jumlah US$50 juta.

"Sampai saat ini belum ada investor strategis untuk mengikuti rights issue. Yang pasti, kami sudah menyiapkan pembeli siaga [standby buyers]," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper