Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Champ Resto (ENAK) Buka 20 Gerai Baru di Semester I/2022

Champ Resto (ENAK) membukukan laba bersih sebesar Rp42,9 miliar sepanjang semester I/2022.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 30 Juli 2022  |  18:32 WIB
Champ Resto (ENAK) Buka 20 Gerai Baru di Semester I/2022
Perusahaan pengelola jaringan restoran Gokana, Raa Cha, dan Monsieur Spoon, PT Champ Resto Indonesia Tbk. (ENAK) siap IPO di Bursa Efek Indonesia.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten pengelola restoran PT Champ Resto Indonesia Tbk. (ENAK) terus gencar melakukan ekspansi sepanjang semester I/2022.

Chief Financial Officer Champ Resto Christopher Supit menyebutkan pada semester I/2022, pihaknya telah membuka sekitar 20 restoran baru dari brand yang dimiliki seperti Raa Cha, Gokana, dan Monsieur Spoon.

Dia mengaku optimistis langkah ekspansi ENAK dapat berlanjut pada paruh kedua tahun 2022 seiring dengan rencana perusahaan membuka outlet yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah restoran baru pada semester I/2022.

“Kami yakin untuk semester II bisa lebih banyak membuka outlet, karena pada semester I kemarin terpotong oleh bulan puasa, libur Lebaran dan adanya varian Omicron virus corona,” kata Supit, Jumat (29/7/2022).

Lebih lanjut, Christopher tidak menyebutkan nilai anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) yang disiapkan ENAK untuk tahun 2022. Meski demikian, dia menuturkan, jumlah capex yang dikeluarkan cenderung variatif tergantung pada brand, luasan lahan, serta lokasi.

Dia menyebutkan, untuk pembukaan 1 outlet baru, ENAK akan mengeluarkan dana di atas Rp1 miliar. Dana tersebut belum termasuk pengeluaran lain seperti biaya sewa. Adapun, pendanaan ekspansi berasal dari kas internal perusahaan serta dana hasil penawaran umum (IPO).

Adapun, ENAK membukukan laba bersih sebesar Rp42,9 miliar sepanjang semester I/2022, berbalik dari rugi bersih sebesar Rp4,6 miliar yang dicatat pada semester I/2021.

Naiknya laba bersih didorong pertumbuhan pendapatan ENAK sebesar 56 persen yoy menjadi Rp625 miliar pada semester I/2022. Sebagai pembanding, penjualan ENAK pada semester I/2021 sebesar Rp400,3 miliar. Brand Gokana dan Raa Cha masih menjadi kontributor utama perseroan atas pendapatan ENAK, dengan ekspansi Monsieur Spoon terus mengejar kedua brand tersebut.

Chief Operating Officer ENAK Hade Mboi menjelaskan Champ Resto telah membuka 3 gerai Monsieur Spoon terbaru. Ketiga gerai ini berlokasi di pusat Kota Jakarta yakni di Pacific Place Sudirman, Senayan City, dan Plaza Indonesia.

Hade mengemukakan pengembangan gerai Monsieur Spoon bisa dikatakan cukup masif, seiring dengan minat pelanggan akan konsep kafe instagramable khas kafe-kafe di Paris.

Monsieur Spoon sendiri merupakan salah satu kafe yang menyajikan menu dominan meliputi french bakery atau pastry ala Prancis. Kafe ini awalnya dibuka pertama kali di Bali pada 2012 oleh 2 bersaudara asal Paris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Champ Resto Indonesia ENAK restoran emiten restoran Kinerja Emiten
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top