Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Emas Hari Ini Berpotensi Naik Akibat Dolar AS Melemah, 28 Juli 2022

Harga emas berpeluang naik di tengah outlook pelemahan dolar AS pada hari ini Kamis (28/7/2022).
Pramuniaga menunjukkan emas batangan Aneka Tambang (Antam) untuk investasi di sebuah gerai emas di Malang, Jawa Timur, Selasa (12/7/2022).  ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Pramuniaga menunjukkan emas batangan Aneka Tambang (Antam) untuk investasi di sebuah gerai emas di Malang, Jawa Timur, Selasa (12/7/2022). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA – Harga emas berpeluang naik di tengah outlook pelemahan dolar AS pada hari ini Kamis (28/7/2022).

Tim riset Monex Investindo Futures menyatakan emas bergerak naik malam tadi (27/7) di tengah outlook melemahnya dollar AS. Mereka berpendapat pasar akan mencari katalis dari data ekonomi AS seperti Durable Goods Orders  dan keputusan FOMC pukul 01:00 WIB.

Tim riset Monex Investindo Futures melihat adanya peluang trading dengan harga emas berpeluang dibeli selama bergerak di atas level support di 1716, karena berpotensi bergerak naik membidik resistance terdekat di 1730.

Namun, jika bergerak turun hingga menembus ke bawah level 1716, emas berpeluang dijual karena berpotensi turun lebih lanjut menguji support selanjutnya di 1708.

Sementara itu, im analis Goldman Sachs Group Inc. Cecilia Mariotti memperkirakan bank sentral AS Federal Reserve akan tetap bersikap hawkish hingga inflasi dapat terkendali.

Goldman mengatakan sebelumnya ekspektasi investor cenderung lebih optimistis bahwa bank sentral bersikap lebih dovish, setelah pada siklus sebelumnya The Fed mengubah arah dalam menanggapi perlambatan ekonomi.

“Tapi kali ini, pasar mungkin meremehkan risiko tekanan inflasi yang berkelanjutan, yang mungkin membuat bank sentral kehilangan pilihan kebijakan," ungkap tim analis Goldman seperti dilansir Bloomberg, Selasa (26/7/2022).

Pendapat analis Goldman ini sejalan dengan Michael J. Wilson dari Morgan Stanley, yang juga mengatakan bahwa terlalu dini untuk mengharapkan The Fed berhenti menaikkan suku bunga bahkan ketika kekhawatiran resesi terus tumbuh.

Analis JPMorgan Chase & Co., di sisi lain, mengatakan ekspektasi bahwa inflasi telah mencapai puncaknya dan The Fed cenderung memprioritaskan pertumbuhan ekonomi pada paruh kedua tahun ini.

Para ekonom memperkirakan bank sentral akan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin lagi kali ini.

 

08:45 WIB
Harga Emas Antam di Pegadaian

Berdasarkan informasi yang ada pada laman resmi Pegadaian, emas 24 karat cetakan Antam ukuran 1 gram dijual Rp1.001.000 sama dengan harga hari kemarin.

Sementara untuk ukuran cetakan Antam terkecil yakni 0,5 gram dihargai Rp553.000, sama dari harga hari sebelumnya.


Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper