Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Melantai di BEI Esok, Habco Maritima (HATM) Oversubscribed 57 Kali!

Habco Maritima (HATM) melantai di Bursa Efek Indonesia setelah melakukan Penawaran Umum Perdana Saham atau initial public offering (IPO) berhasil meraup dana
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 25 Juli 2022  |  16:22 WIB
Melantai di BEI Esok, Habco Maritima (HATM) Oversubscribed 57 Kali!
Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa bakal kedatangan emiten baru dari sektor pelayaran, PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) pada esok hari, Selasa (26/7/2022). Selama masa penawaran, HATM catatkan oversubscribed 57,26 kali.

Emiten bersandi HATM ini melantai di Bursa Efek Indonesia setelah melakukan Penawaran Umum Perdana Saham atau initial public offering (IPO) berhasil meraup dana segar sebanyak Rp179 miliar dari investor publik.

Setelah menetapkan harga penawaran umum pemegang saham pada Rp160 per lembarnya. Total penawaran umum perseroan termasuk konversi hutang dan program ESA mencapai Rp224 miliar.

Direktur Utama Habco Trans Maritima Andrew Kam menjelaskan ternyata hasil penawaran umum perdana saham tersebut telah terjadi oversubscribed sebanyak 57.26x, yang menunjukkan antusiasme investor publik pada HATM.

"Kami cukup senang dengan hasil penawaran umum yang telah dicapai, mendapatkan oversubscribed sebesar 57.26x bukanlah sesuatu hal yang mudah" ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (25/7/2022).

Seluruh dana segar yang diperoleh dari IPO ini akan digunakan HATM membeli armada kapal bulk carrier baru. Alasannya, permintaan pasar yang sedang tinggi khususnya di industri rantai pasokan energi.

Rencananya kapal yang akan dibeli tahun ini dari dana hasil IPO adalah tipe yang sama dengan MV Habco Carina.

"Untuk MV Habco Pioner dan Polaris itu sama yaitu berbobot 30.000 ton, sedangkan yang akan dibeli itu sama jenisnya dengan Habco Carina berbobot 50.000 ton atau masuk jenis kapal supramax," terangnya.

Direktur Habco Trans Maritima Dillon Cosmas mewakili manajemen perseroan juga ingin berterima kasih kepada Otoritas Jasa Keuangan, Bursa Efek Indonesia, Penjamin Pelaksana Emisi Efek PT NH Korindo Sekuritas Indonesia, serta seluruh profesi penunjang dan stakeholder HATM atas kepercayaan, dan lancarnya proses melantainya HATM di Bursa Efek Indonesia.

Sebagai salah satu contoh, HATM bersama dengan PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL) bekerja sama dalam pengangkutan pasokan batubara ke beberapa PLTU di Indonesia guna mendukung ketersediaan listrik di berbagai daerah.

HATM juga telah melayani transportasi untuk pabrik nikel milik Tsingshan Group yang beroperasi di Indonesia.

Head of Energy Procurement Tsingshan Group Sam Song mengatakan bekerja sama dengan Habco Trans Maritima menyenangkan karena respon yang cepat.

"Mudah berdiskusi, mengerti dalam komunikasi apa yang kami butuhkan, dan itu membuat kami ingin menjalin kemitraan jangka panjang dengan Habco Trans Maritima untuk mendukung bisnis kami di Indonesia," terangnya.

Adapun, Habco Trans Maritima (HATM) merupakan perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam operasional kapal bulk carrier.

HATM merupakan salah satu anak usaha dari PT Habco Primatama yang sudah berdiri sejak 1991 dan merupakan bagian dari solusi maritim terintegrasi.

Induk Usaha HATM, PT Habco Primatama sudah berdiri sejak 1991 dan telah mengembangkan usaha pengangkutan kapal laut dari hulu ke hilirnya.

Layanan Habco Group memiliki fokus pada logistik maritim yang termasuk namun tidak terbatas pada kapal tongkang, stevedoring, floating crane, docking, dan galangan kapal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Habco Trans Maritima ipo emiten pelayaran
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top