Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pakai Dana IPO, NETV Suntik Anak Usaha Rp114,1 Miliar

PT Net Visi Media Tbk. melaporkan telah menyuntikkan dana kepada dua anak perusahaannya yaitu PT Net Mediatama Televisi alias NetTV dan PT Net Media Digital dengan total Rp114,1 miliar.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 15 Juli 2022  |  13:30 WIB
Pakai Dana IPO, NETV Suntik Anak Usaha Rp114,1 Miliar
PT Net Visi Media Tbk. (NETV) melaksanakan seremoni pencatatan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (26/1 - 2022). PT Net Visi Media Tbk. melaporkan telah menyuntikkan dana kepada dua anak perusahaannya yaitu PT Net Mediatama Televisi alias NetTV dan PT Net Media Digital dengan total Rp114,1 miliar.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Net Visi Media Tbk. (NETV) melaporkan telah menyuntikkan dana sebesar Rp114,1 miliar kepada kedua anak perusahaannya yang didapatkan melalui realisasi penggunaan dana penawaran umum alias initial public offering (IPO) sebelumnya.

Direktur Net Visi Media Ferry dalam keterbukaan informasi menyampaikan NETV telah merealisasikan seluruh hasil penawaran umum sebesar Rp149,99 miliar sesuai dengan rencana awal penggunaan dananya.

“Bersama ini kami sampaikan Laporan Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan Tahun 2022,” tulisnya dikutip Jumat (15/7/2022).

Di mana sebanyak 18,5 persen atau senilai Rp28,71 miliar dari hasil bersih penawaran umum sejumlah Rp142,81 miliar setelah dipotong biaya penawaran umum digunakan sebagai modal kerja perseroan.

Kemudian sisanya digunakan untuk dua anak perusahaan NETV yaitu pertama untuk perusahaan media free to air (FTA) PT Net Mediatama Televisi yang dikenal dengan nama NetTV kemudian sebagian lain digunakan untuk PT Net Media Digital.

Ferry menyampaikan NETV merealisasikan sebesar Rp74,20 miliar atau 53 persen dana penawaran umum untuk PT Net Mediatama Televisi dengan rincian Rp29,20 miliar untuk modal kerja dan Rp45,00 miliar untuk pembayaran sebagian pokok pinjaman bank.

Sementara sisa dana IPO sebesar 28,5 persen atau Rp39,9 miliar diperuntukkan kepada PT Net Media Digital sebagai modal kerja.

Merujuk pada prospektus penawaran umum sebelumnya, NETV menyampaikan bahwa kepemilikan saham secara langsung maupun tidak langsung terhadap dua anak perusahaan tersebut sebesar 99 persen.

Adapun modal kerja yang dimaksud perseroan untuk PT Net Mediatama Televisi lebih rinci akan digunakan untuk pembuatan dan pembelian program, biaya-biaya operasional dan atau pembelian peralatan pendukung.

Sedangkan PT Net Media Digital akan menggunakan modal kerja untuk pembuatan dan pembelian program dan atau biaya-biaya operasional.

Sebagai informasi, PT Net Media Digital yaitu perusahaan aktivitas bisnis yang bergerak di bidang digital melalui OTT Platform dan Engagement / Loyalty Platform. Untuk OTT platform perusahaan mengembangkan aplikasi yang bernama NET.Prime d/h ZULU

Untuk Engagement / Loyalty Platform, perusahaan mengembangkan aplikasi yang bernama NET Connect di mana penonton televisi dapat berinteraksi secara langsung melalui perangkat handphone-nya.

Selain dua anak perusahaan tersebut, NETV juga memiliki dua anak perusahaan lain yaitu PT Net Media Berita dengan aktivitas bisnis yang bergerak atau fokus di berita baik secara konvensional ataupun digital.

Kemudian PT Kreatif Inti Korpora (CREATIVE INC), dengan aktivitas bisnis yang bergerak di bidang pembuatan program atau konten.

Pada akhir sesi I perdagangan Jumat (15/7/2022), saham NETV turun 0,69 persen atau 2 poin menjadi Rp288. Sebulan terakhir saham NETV turun 12,2 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

NETV Net Visi Media Goto ipo media
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top