Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waskita (WSKT) Divestasi Tol Cimanggis-Cibitung Rp1,76 Triliun, Share Swap dengan SMI

Masuknya SMI ke dalam PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) selaku Badan Usaha Jalan Tol pemegang konsesi ruas tol Cimanggis–Cibitung ini melalui mekanisme share swap 55 persen kepemilikan saham WTR di CCT.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 05 Juli 2022  |  12:11 WIB
Waskita (WSKT) Divestasi Tol Cimanggis-Cibitung Rp1,76 Triliun, Share Swap dengan SMI
Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini sepanjang 57,5 kilometer ini dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road. Jalan tol ini juga merupakan 1 dari 18 ruas tol yang konsesinya dimiliki Waskita Karya. - wtr.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten BUMN karya, PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) melalui anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR) menggandeng PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai mitra strategis untuk percepatan pembangunan ruas tol Cimanggis – Cibitung.

Masuknya SMI ke dalam PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pemegang konsesi ruas tol Cimanggis–Cibitung ini melalui mekanisme share swap 55 persen kepemilikan saham WTR di CCT.

Adapun kepemilikan saham WTR di CCT sebelumnya sebesar 90 persen dan setelah masuknya SMI maka struktur kepemilikan pada CCT terdiri dari SMI sebesar 55 persen, WTR sebesar 35 persen serta pemegang saham lainnya sebesar 10 persen.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono menyampaikan perseroan juga memperkuat posisi kepemilikan saham mayoritas di anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR) dengan menggantikan kepemilikan saham SMI di WTR sejumlah 752.475 saham atau sebanyak 4,5 persen melalui konversi menjadi kepemilikan saham pada CCT sebagai bagian dari kesepakatan kerja sama strategis yang dimaksud.

Transaksi ini senilai Rp1,76 triliun yang terdiri atas Rp339 miliar untuk 55 persen kepemilikan saham WTR pada CCT, serta adanya pengalihan shareholder loan (SHL) WTR di CCT sebesar Rp1,42 triliun.

"Kerja sama strategis ini merupakan tahap II dari konversi saham SMI di WTR ke BUJT yang dimiliki WTR," terang Destiawan, Selasa (5/7/2022).

Sebelumnya, pada Juni 2021 WTR dan SMI telah melakukan kerja sama strategis atas kepemilikan 20 persen saham WTR di ruas tol Semarang–Batang dan 34,99 persen saham di ruas tol Cinere–Serpong dengan total dana senilai Rp2,06 triliun.

Transaksi Rp1,55 triliun dilakukan dengan metode konversi saham dan transaksi Rp515 miliar dilakukan secara tunai oleh SMI kepada WTR.

“Kerja sama strategis ini merupakan tindak lanjut tahap akhir dari rencana konversi saham WTR dengan PT SMI dengan mengoptimalkan konsesi jalan tol yang kami miliki,” ujar Destiawan.

Hal ini sejalan dengan strategi bisnis Waskita dalam memperkuat modal kerja serta mendukung komitmen perseroan untuk menyelesaikan pembangunan ruas-ruas tol terutama proyek strategis nasional yang ditetapkan Pemerintah.

Sebagai informasi, ruas tol Cimanggis–Cibitung yang dikelola oleh BUJT PT Cimanggis Cibitung Tollways ini terdiri dari dua seksi dengan total panjang 26,18 Km. Seksi I (Cimanggis–Jatikarya) telah beroperasi penuh sejak November 2020, sedangkan Seksi II (Jatikarya–Cibitung) masih dalam tahap konstruksi dan diperkirakan akan selesai dan beroperasional penuh pada akhir 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waskita karya sarana multi infrastruktur divestasi share swap waskita toll road
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top