Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dapat Restu Private Placement, Ini Daftar Akuisisi Merdeka Copper Gold (MDKA) Tahun Ini

Melalui private placement, MDKA dapat mengoptimalkan pendanaan yang diterima untuk pengembangan kegiatan usaha serta mendukung potensi ekspansi bisnis.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 10 Juni 2022  |  19:08 WIB
Dapat Restu Private Placement, Ini Daftar Akuisisi Merdeka Copper Gold (MDKA) Tahun Ini
Petugas memantau operasi di tempat produksi Tambang Emas PT Bumi Suksesindo (BSI)anak usaha PT Merdeka Cooper Gold Tbk. (MDKA) di Gunung Tumpang Pitu, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (5/12/2019). - Antara Foto/ Budi Candra Setya.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Usai melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan dan Luar Biasa, PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) mendapat restu dari pemegang saham untuk melakkukan private placement atau penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD).

Dengan persetujuan tersebut, MDKA dapat secara aktif mengoptimalkan pendanaan yang diterima untuk pengembangan kegiatan usaha serta mendukung potensi ekspansi bisnis.

MDKA mendapatkan persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan dan Luar Biasa yang digelar pada Jumat, 10 Juni 2022, untuk melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau private placement dengan mengeluarkan maksimal 2,29 miliar lembar saham atau maksimal 10 persen dari jumlah seluruh modal ditempatkan atau disetor MDKA pada tanggal Pengumuman RUPSLB MDKA.

Dalam tiga bulan pertama 2022, MDKA telah melakukan dua akuisisi besar yaitu PT Hamparan Logistik Nusantara yang memiliki aset nikel dengan cadangan bijih nikel salah satu terbesar di dunia dan aset smelter nikel yang telah beroperasi, dengan total transaksi lebih dari Rp5,7 triliun dan PT Andalan Bersama Investama yang memiliki Kontrak Karya Pani dengan total transaksi sebesar Rp1,1 triliun.

“Persetujuan Private placement ini bertujuan memberikan fleksibilitas pendanaan untuk Perseroan dalam pengembangan kegiatan usaha dan mendukung potensi ekspansi. Hingga saat ini, kami masih terus melakukan pengembangan di aset-aset utama kami, termasuk melihat peluang pengembangan di sektor potensial,” ujar Presiden Direktur MDKA, Albert Saputro dalam paparan publik, Jumat (10/6/2022).

Albert menambahkan, MDKA aktif mengoptimalkan potensi pendanaan untuk mendukung pengembangan bisnis. Hingga 31 Maret 2022, MDKA tercatat memiliki saldo kas senilai US$122 juta dengan fasilitas utang yang belum ditarik sebesar US$100 juta dari Fasilitas Kredit Bergulir (Revolving Credit Facility) dengan PT Bank UOB Indonesia, The Korean Development Bank, dan PT Bank Mizuho Indonesia.

MDKA juga berhasil meraup dana segar senilai total US$882 juta dari berbagai aksi korporasi seperti rights issue, penerbitan obligasi dalam mata uang rupiah dan fasilitas utang per 16 Mei 2022.

Dalam 3 bulan pertama di 2022, Perseroan telah berhasil melakukan akuisisi 50 persen kepemilikan Lion Selection Asia Limited (LSA) di PT Pani Bersama Jaya (PBJ), yang menjadikan kepemilikan ekonomis MDKA pada Proyek Emas Pani meningkat menjadi 70 persen.

Selanjutnya, sampai dengan berita pers ini dipublikasikan MDKA juga telah merampungkan akuisisi 55,67 persen kepemilikan saham di PT Hamparan Logistik Nusantara (HLN) melalui anak usahanya yakni PT Batutua Tembaga Abadi (BTA), di mana HLN telah mengakuisi proyek tambang nikel dengan cadangan bijih nikel terbesar di dunia dan aset pemurnian nikel yang telah beroperasi.

Perseroan juga melakukan investasi untuk logam nikel, kobalt, dan tembaga yang akan terus berlanjut dan berkembang seiring dengan kemitraan strategis yang terjalin dengan Hong Kong Brunp Catl Co. Ltd., pemasok terbesar dunia untuk baterai kendaraan listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

private placement merdeka copper mdka
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top