Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gojek Tokopedia (GOTO) Perluas Komitmen 'Tiga Nol', Begini Targetnya

Komitmen ‘Tiga Nol’ yang dimaksud Gojek Tokopedia (GOTO) adalah nol emisi, nol sampah, dan nol hambatan.
CEO Grup GoTo Andre Soelistyo dalam acara paparan publik IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), Selasa (15/3/2022).
CEO Grup GoTo Andre Soelistyo dalam acara paparan publik IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), Selasa (15/3/2022).

Bisnis.com, JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) memperluas komitmen ‘Tiga Nol’ di seluruh ekosistemnya dalam mencapai tujuan keberlanjutan secara bersama-sama.

Komitmen ‘Tiga Nol’ yang dimaksud adalah nol emisi, nol sampah, dan nol hambatan. Berdasarkan penilaian materialitas yang dilakukan Gojek pada 2021, perseroan telah memperluas cakupannya kepada Tokopedia dan GoTo Financial.

CEO Grup GoTo Andre Soelistyo mengatakan sustainability selalu menjadi hal utama dari model bisnis perseroan, dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) dalam cara perseroan beroperasi dan bertumbuh sebagai perusahaan.

“Target Tiga Nol tersebar di keseluruhan organisasi kami dan mendorong semua pihak di GoTo untuk melakukan dekarbonisasi terhadap kegiatan operasional dan ekosistem kami yang lebih luas,” kata dia dalam keterangan resmi, Jumat (3/6/2022).

Pada target nol emisi, GoTo berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan nol emisi pada 2030. Gabungan total emisi gas rumah kaca cakupan 1, 2, dan 3 di seluruh Grup GoTo pada 2021 adalah 817.248 ton setara karbon dioksida (tCO2e).

GoTo juga menargetkan untuk mengubah 100 persen armada pengemudinya menjadi kendaraan listrik (EV) pada 2030.

Sementara untuk target nol sampah, pada 2021, GoTo untuk pertama kalinya menyelesaikan proses penghitungan sampah di keseluruhan ekosistem, yang mencakup semua gudang, kantor, dan layanan on-demand.

Secara total, seluruh ekosistem GoTo menghasilkan sekitar 335.000 metrik ton sampah per tahun, di mana kurang dari 1 persen di antaranya berasal dari operasi langsung GoTo, dan sisanya secara tidak langsung dari ekosistem Gojek dan Tokopedia.

Adapun pada target nol hambatan, GoTo telah menyiapkan strategi dalam memberdayakan masyarakat mendapatkan talenta yang tepat, mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan, dan mempercepat pertumbuhan dan inklusi keuangan.

GOTO juga memperjuangkan keberagaman, kesetaraan dan inklusi (DEI) di dalam perusahaan dan seluruh ekosistemnya.

Head of Sustainability Grup GoTo Tanah Sullivan mengatakan laporan keberlanjutan GoTo menandai pencapaian perseroan selama satu tahun, di tengah lingkungan makro yang menantang dan varian Covid-19 baru.

GOTO juga telah berkomitmen menerbitkan peta jalan untuk komitmen Tiga Nol di situs web resmi GoTo dalam waktu dekat. Perseroan secara dinamis memperbarui pemangku kepentingan tentang kemajuan dan kinerja ESG perusahaan secara real time.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper