Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cerita Miris Investor Terra Luna, Kehilangan Tabungan hingga Jadi Tunawisma

Banyak investor merugi ribuan dolar AS setelah koin Terra Luna anjlok hingga 99,99 persen.
Ilustrasi sistem blockchain apa aset kripto/Istimewa
Ilustrasi sistem blockchain apa aset kripto/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Amblesnya harga aset kripto Terra Luna membuat investor babak belur setelah pasar aset digital tersebut juga ikut anjlok.

Mengutip New York Post, Jumat (13/5/2022), banyak investor merugi ribuan dolar AS, mulai dari trader yang bergabung dalam raksasa pasar kripto seperti Coinbase dan Binance, hingga investor yang mencurahkan tabungan mereka menjadi kripto.

Salah satu investor yang curhat di forum Reddit untuk Terra Luna mengaku rugi lebih dari US$45.000 setelah Terra Luna merosot 99 persen. Dirinya terancam tidak bisa membayar utang bank dan kehilangan tempat tinggalnya.

“Saya akan menjadi tunawisma, bunuh diri adalah satu-satunya jalan keluar untuk saya,” ujarnya.

Sejumlah pengguna forum Reddit lainnya mengaku rekan kerjanya sempat melakukan percobaan bunuh diri lantaran seluruh tabungannya pada 2021 telah dilimpahkan menjadi kripto.

Investor lain mengaku juga merugi $15.000 setelah gagal aset Terra Luna miliknya saat diperdagangkan di atas US$100 bulan lalu.

“Saya seharusnya menguangkan saat itu $100, maka saya mendapat keuntungan lebih dari US$25.000," ujarnya, seperti dikutip The Sun.

Namun ia mengaku masih berharap mendapatkan lebih banyak keuntungan untuk membayar uang muka rumah bagi keluarganya, sehingga ia masih mempertahankan koin Luna.

"Sepertinya saya kini tidak akan punya rumah dan tabungan", ujarnya.

Tidak hanya Luna yang terjun bebas, bitcoin juga sempat turun 20 persen menjadi US$28.300 pada Kamis, (12/5/2022). Ethereum dan Solana juga tercatat mengalami penurunan tertinggi sepanjang sejarah.

Berdasarkan data dari CoinMarketCap, keseluruhan kapitalisasi pasar aset kripto kini hanya berada di kisaran US$1,2 triliun, merosot jauh dari US$2,9 triliun pada November 2021.

Kepala Riset Blockchain.com Garrick Hileman mengatakan banyak investor babak belur akibat peristiwa ini. Ia menyebut dalam kripto berlaku hukum rimba, artinya hanya token yang kuat akan bertahan, sedangkan yang lemah tidak dapat bertahan.

Merosotnya kripto terjadi ketika The Fed menaikkan suku bunga untuk meredam inflasi. Hal ini terjadi seiring dengan indeks Nasdaq yang menunjukkan penurunan 30 persen untuk saham sektor teknologi.

Mengutip The Verge, kekacauan yang terjadi di pasar kripto dipicu oleh penurunan tajam yang mengakibatkan nilai US$200 miliar terhapus dalam satu hari.

Terra Luna mulai babak belur pada 9 Mei 2022 ketika harga stablecoin UST mulai merosot. Algoritma stablecoin menyebabkan peningkatan besar-besaran dalam pasokan token Luna, yang berfungsi melawan UST untuk menyeimbangkan harga.

Saat ini UST diperdagangkan dengan nilai 40 sen, jauh merosot dari patokan US$1, sedangkan Luna hanya sekitar 1 sen dari patokan US$100 sebelumnya.

CEO perusahaan keamanan blockchain CertiK, Ronghui Gu memaparkan, ini merupakan pertama kalinya sistem blockchain mengalami kekacauan.

Dirinya mengaku masih sangat optimistis stablecoin akan memperoleh masa depan yang lebih cerah.

Mengutip Channel News Asia, dalam laporan stabilitas keuangan dua tahunan pada Selasa, (10/5/2022), Bank Sentral AS memperingatkan bahwa stablecoin rentan karena didukung aset yang dapat kehilangan nilai, atau menjadi tidak likuid saat terjadi tekanan pasar.

Ketua Komite Perbankan Senat, Senator Sherrod Brown menegaskan, stablecoin menempatkan uang hasil jerih payah masyarakat Amerika dalam risiko, sehingga dapat mempengaruhi perekonomian.

Senator Republik Pat Toomey berkomentar bahwa ia tidak percaya stablecoin algoritmik seperti Terra Luna bisa menimbulkan risiko sistemik pada sistem keuangan. Maka, tidak perlu dibuat regulasi atau undang-undang seputar produk stablecoin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper