Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Emiten yang Berani Jorjoran Gelontorkan Belanja Modal Tahun Ini

Sektor-sektor yang diuntungkan dari meningkatnya aktivitas konsumsi masyarakat adalah non-primer seperti ritel, pariwisata, rumah makan, dan transportasi.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 12 Mei 2022  |  22:18 WIB
Karyawan mengamati pergerakan saham di galeri PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (19/11/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan mengamati pergerakan saham di galeri PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (19/11/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Pemulihan ekonomi yang terus berjalan seiring meredanya pandemi Covid-19 diyakini akan membuat emiten-emiten di pasar modal gencar melakukan ekspansi.

Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Cheril Tanuwijaya mengatakan, beberapa sektor-sektor emiten di pasar modal akan diuntungkan dengan meningkatnya aktivitas masyarakat akibat pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Sektor-sektor yang diuntungkan dari meningkatnya aktivitas masyarakat dari sektor konsumen non-primer seperti ritel, pariwisata, rumah makan, transportasi, dan lain-lain," kata Cheril dihubungi Bisnis, Kamis (12/5/2022).

Sementara itu, Head of Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia Roger M. M. mengatakan, sejauh ini beberapa emiten mengisyaratkan akan menggenjot belanja modal atau capital expenditure (capex) terkait dengan pemulihan ekonomi.

Emiten-emiten tersebut di antaranya PT Astra International Tbk. (ASII), PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA).

"Kalau melihat dari sektoral, sektor energi menjadi salah satu sektor yang akan merealisasikan capex dalam jumlah besar dibanding tahun sebelumnya," ucap Roger, Kamis (12/5/2022).

Menurutnya, katalis bagi sektor energi datang dari kenaikan harga komoditas. Dengan katalis tersebut, Roger menilai emiten-emiten sektor energi kemungkinan akan mengembangkan kawasan tambang mereka, serta melakukan penambahan alat berat.

"Kenaikan harga komoditas ini juga dijadikan momentum untuk menaikkan produksi sehingga Capex yang dianggarkan akan lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya," ucapnya.
--

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja modal capex astra international adaro energy pemulihan ekonomi
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top