Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KBI: Transaksi Pasar Fisik Timah di JFX Capai Rp 5,5 Triliun  

Nilai transaksi pasar fisik timah murni batangan di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ/JFX) mencapai lebih dari Rp 5,5 triliun, terdiri dari eskpor Rp4,8 triliun dan domestik Rp677 miliar.
Tumpukan timah batangan. /kliring berjangka Indonesia
Tumpukan timah batangan. /kliring berjangka Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) melaporkan nilai transaksi pasar fisik timah murni batangan di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ/JFX) mencapai lebih dari Rp 5,5 triliun pada kuartal I/2022.

Dari transaksi pasar Fisik Timah ekspor terjadi trasaksi sebanyak 1.640 lot dengan senilai US$348,1 juta atau lebih dari Rp4,8 triliun. Pasar fisik timah dalam negeri, pada kuartal I/2022 mencatatkan transaksi sebanyak 953 Lot senilai Rp677,2Miliar.

Pasar Fisik Timah Murni Batangan di BBJ atau JFX terdiri dari 2 jenis, yaitu pasar fisik untuk ekspor serta pasar fisik untuk dalam negeri. Perbedaan kedua jenis pasar fisik ini adalah dalam perhitungan Lot transaksinya, yaitu untuk Pasar fisik ekspor 1 Lot sebanyak 5 ton, sedangkan untuk pasar timah dalam negeri 1 Lot sebanyak 1 ton. 

Ekosistem perdagangan timah di BBJ ini telah berjalan sejak pertengahan tahun 2019 untuk kegiatan ekspor. Sedangkan untuk perdagangan timah dalam negeri, mulai berjalan pada Maret 2021. Dalam ekosistem ini, KBI berperan sebagai Lembaga Kliring Penjaminan dan Penyelesaian Transaksi.

Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia, mengatakan sebagai BUMN Lembaga Kliring, tentunya tugas KBI adalah memastikan bahwa transaksi yang terjadi telah sesuai dengan regulasi yang ada.

"Adanya pasar fisik timah melalui bursa ini tentunya menjadi sesuatu yang positif bagi negara, dimana perdangan timah murni batangan menjadi lebih transparan dan dipantau oleh negara,” paparnya dalam keterangan resmi, Rabu (28/4/2022).

Sebagai catatan, sepanjang tahun 2021 transaksi pasar fisik timah murni bantangan di BBJ yang dikliringkan di KBI tercatat sebanyak 10.977 Lot dengan nilai transaksi mencapai lebih dari Rp 20,7 Triliun.

Dari total transaksi yangtersebut, di pasar fisik timah murni batangan untuk ekspor mencapai 8.862 Lot dengan nilai transaksi sebesar US$1,4 miliar, atau sekitar Rp19,7 triliun. Sedangkan dari Pasar Fisik Timah dalam negeri, sepanjang tahun 2021 (Maret –Desember) transaksi mencapai 2.115 lot dengan nilai transaksi sebesar Rp987Milliar.

Fajar Wibhiyadi menambahkan perdagangan Pasar Fisik Timah Murni Batangan melalui BBJ ini tentunya akan memberikan nilai positif, baik terhadap ekonomi nasional maupun membangun posisi Indonesia sebagai penentu harga timah dunia.

Indonesia yang memiliki cadangan timah terbesar kedua di dunia, tentunya harus memiliki peran sentral dalam pasar timah dunia. Ke depan, sebagai Lembaga Kliring, KBI akan terus mendorong para pelaku disektor perdagangan timah ini, serta meningkatkan layanan prima bagi para pemangku kepentingan dalam ekosistem perdagangan timah ini.

Terkait pasar fisik timah murni batangan, KBI juga telah mendapatkan ISO 9001 : 2015 tentang sistem manajemen mutu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper