Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukalapak Akuisisi Startup Belajar Tumbuh Berbagi, Ini Profilnya

PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) mengakuisisi PT Belajar Tumbuh Berbagi (BTB) pada tanggal 4 November 2021.
Warga menggunakan aplikasi Bukalapak di Jakarta, Selasa (18/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Warga menggunakan aplikasi Bukalapak di Jakarta, Selasa (18/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA –  PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) mengakuisisi startup PT Belajar Tumbuh Berbagi (BTB) pada tanggal 4 November 2021.

Keduanya menandatangani perjanjian jual beli saham senilai US$1 miliar untuk memperoleh 100 persen kepemilikan atau sejumlah 11.340 lembar saham. Berdasarkan keputusan para pemegang saham BTB pada tanggal 5 November 2021, memutuskan untuk menyetujui pengambilalihan seluruh saham.

Ruang lingkup kegiatan BTB adalah menjalankan usaha dalam bidang pendidikan lainnya swasta, aktivitas sosial di dalam panti sosial karya, pendidikan bimbingan belajar dan konseling swasta, aktivitas pengembangan aplikasi perdagangan melalui internet, aktivitas pemrograman komputer lainnya, portal web dan/atau platoform digital dengan tujuan komersial, aktivitas konsultasi bisnis dan broker bisnis dan periklanan.

Berdasarkan penelusuran bisnis, BTB menjalankan situs https://bolu.id/. Situs tersebut memberikan jasa pembelajaran kepada pelanggan. Adapun pembelajaran yang ditawarkan tidak terbatas pada pelajaran sekolah tetapi melingkupi bisnis dan usaha juga.

Selain itu, perseroan juga tercatat berkolaborasi dengan pemain e-commerce lain seperti Shopee atau Tokopedia.

Sementara itu, John Octavianus selaku Principal Advisor dari Nilzon Capital mengatakan BUKA telah mengakuisisi perusahaan rintisan PT Belajar Tumbuh Berbagi. Dalam laporan keuangan kuartal III/2021, nilai akuisisi itu mencapai US$1 Miliar.

Dengan kurs Rabu (23/3/2022), maka nilai akuisisi itu mencapai Rp14,34 triliun. Jumlah itu hampir separuh dari total kapitalisasi pasar perseroan sebesar Rp31,12 triliun.

“Kalau kami tidak salah baca dan salah menafsirkan pengungkapan tersebut, akuisisi tersebut senilai $1 miliar. Jumlah ini cukup fantastis dibandingkan nilai market cap BUKA yang saat ini sekitar $1,93 miliar dan hamper 12 kali lipat dari nilai akuisisi sebagian saham Allo Bank oleh BUKA,” katanya dalam keterangan resmi Rabu (23/3/2022).

Kesepakatan ditandatangani pada 4 November 2021, tiga bulan setelah IPO dan satu bulan sebelum persetujuan perubahan penggunaan dana IPO.

 “Kami menemukan bahwa Bolu.id adalah nama merek PT Belajar Tumbuh Berbagi (BTB), perusahaan yang sama yang akan diakuisisi BUKA,” imbuhnya. Bolu, lanjutnya, merupakan singkatan dari Belajar Online Yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper