Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rights Issue, Sinergi Inti Plastindo (ESIP) Pastikan Tidak Ada Pengendali Baru

Meski jumlah kepemilikan saham Tanindo Omega Pasifik (TOP) berkurang, TOP tetap menjadi pengendali Sinergi Inti Plastindo (ESIP).
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 09 Februari 2022  |  12:16 WIB
Rights Issue, Sinergi Inti Plastindo (ESIP) Pastikan Tidak Ada Pengendali Baru
Karyawan berada di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (11/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sinergi Inti Plastindo Tbk. (ESIP) akan melakukan aksi Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue.

Dalam rights issue ini, ESIP akan menerbitkan 469,58 juta saham atau setara dengan 42,31 persen dari modal disetor. Saham baru tersebut akan diterbitkan dengan harga Rp89. Dengan demikian, perseroan akan menghimpun dana Rp41,79 miliar dari rights issue ini.

Dalam aksi korporasi ini, Direktur Utama ESIP Eric Budisetio Kurniawan akan mengambil bagian rights issue pemegang saham pengendali, yakni PT Tanindo Omega Pasifik (TOP). Dengan rights issue ini, kepemilikan TOP akan mengalami perubahan dari 55,34 persen menjadi 31,93 persen.

Sementara itu, kepemilikan Eric juga akan bertambah dari 11 persen menjadi 34,41 persen. Meski jumlah kepemilikan saham Eric lebih banyak, tetapi, tidak terdapat perubahan pengendali baru. TOP tetap menjadi pengendali perseroan.

Saat ini, pemegang saham pengendali perseroan adalah TOP dengan persentase kepemilikan 55,34 persen. Lalu, sebanyak 11 persen dimiliki oleh Eric Budisetio Kurniawan dan 33,66 persen dimiliki masyarakat.

Sebagai informasi, perseroan melakukan rights issue untuk meningkatkan likuiditas serta modal kerja perseroan, sehingga seluruh aset perseroan dapat terutilisasi dengan lebih maksimal.

"Hal ini diharapkan dapat mendorong kinerja operasional dan juga kinerja keuangan perseroan ke depannya," ujar manajemen, Selasa (8/2/2022).

Adapun seluruh dana yang diperoleh perseroan setelah dikurangi biaya-biaya yang dikeluarkan dalam rights issue akan digunakan oleh ESIP untuk modal kerja perseroan, tetapi, tidak terbatas untuk pembelian bahan baku dan bahan penunjang, gaji karyawan, tunjangan, dan biaya operasional lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Aksi Korporasi Sinergi Inti Plastindo rights issue
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top