Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Eastspring Indonesia Rilis Produk Reksa Dana Berbasis Indeks ESG

Produk ini juga merupakan reksa dana onshore pertama yang berbasis dari kinerja indeks IDX ESG LEADERS yang mengkombinasikan strategi sustainability dan offshore sharia.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 12 Januari 2022  |  12:00 WIB
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Eastspring Investments Indonesia atau Eastspring Indonesia resmi meluncurkan produk reksa dana dengan indeks acuan IDX ESG Leaders bernama Eastspring IDX ESG Leaders Plus.

Berdasarkan keterangan resmi perusahaan pada Selasa (12/1/2022), produk berdenominasi rupiah ini diluncurkan bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia DBS Indonesia. Produk ini juga merupakan reksa dana onshore pertama yang berbasis dari kinerja indeks IDX ESG LEADERS yang mengkombinasikan strategi sustainability dan offshore sharia.

“Peluncuran reksa dana ini mendorong praktik Environmental, Social & Corporate Governance (ESG) untuk memberikan solusi bagi nasabah untuk berinvestasi dan menjadi salah satu bagian dalam penerapan investasi berkelanjutan di Indonesia,” demikian kutipan keterangan resmi tersebut.

Alan J. Tangkas Darmawan, Presiden Direktur PT Eastspring Investments Indonesia, menjelaskan penerbitan produk baru tersebut merupakan pencapaian penting dalam investasi berkelanjutan yang lebih baik di pasar modal Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen para pelaku industri reksa dana yang didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk terus meningkatkan ragam produk investasi berbasis Indeks.

Alan melanjutkan, dengan pemilihan saham-saham yang berkinerja keuangan baik pada seluruh perusahaan terdaftar di BEI yang memiliki unsur Environmental, Social and Governance (ESG), pihaknya optimistis produk ini akan diminati oleh investor. Produk ini juga dapat menjadi kesempatan bagi investor untuk mendiversifikasikan portofolionya.

“Kami tetap berkomitmen terus melakukan pengembangan investasi berkelanjutan dan peningkatan praktik ESG di pasar modal Indonesia dan melakukan inovasi-inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam mencapai tujuan-tujuan finansialnya,” ujarnya.

Sementara itu, Rudy Tandjung, Director of Consumer Banking Group, PT Bank DBS Indonesia, menjelaskan produk ini melengkapi rangkaian produk finansial komprehensif yang tangguh dan menangkap tren pasar terkini, secara khusus untuk Investasi berkelanjutan.

Dia mengatakan, kerja sama dengan Eastspring Indonesia pada produk ini merupakan bagian dari komitmen Bank DBS CONFIDENTIAL Indonesia sebagai mitra manajemen kekayaan terpercaya. Ia mengatakan, pihaknya selalu mempersonalisasi dan mengkomunikasikan risiko, kinerja, maupun potensi perkembangan strategi portofolio kepada nasabah.

“Dengan demikian, nasabah dapat yakin dan selalu terdepan dalam mengambil keputusan akurat di saat yang tepat. Untuk kemudahan berinvestasi, Reksa Dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus ini tersedia melalui aplikasi digibank by DBS, dimana nasabah dapat melakukan registrasi Single Investor Identity (SID) dan akses transaksi 24/7,” jelasnya.

Hingga saat ini, Bank DBS Indonesia telah memasarkan 4 jenis produk reksa dana kelolaan Eastspring Indonesia yaitu Eastspring Investments Yield Discovery, Eastspring Investments Alpha Navigator, Eastspring Investments Value Discovery dan Eastspring Investments IDR High Grade.

Reksa Dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus merupakan reksa dana Indeks yang menempatkan 80 persen – 100 persen investasinya pada instrumen saham dan maksimal 20 persen ditempatkan di instrumen pasar uang atau deposito.

Selain itu, untuk mengomptimalkan imbal hasil, reksa dana ini mememiliki fleksibilitas untuk melakukan investasi di luar negeri (offshore sharia) sampai dengan maksimal 15 persen di sektor yang mendukung keberlanjutan atau memiliki terapan ESG yang tinggi.

Dengan menggunakan acuan tolok ukur indeks IDX ESG Leaders, pemilihan dilakukan lebih selektif dari IDX80 menjadi 30 saham blue chip pilihan yang didapat dari peringkat ESG paling baik oleh Sustainalytics (anak perusahaan dari Morningstar), perusahaan independen terdepan dalam hal riset, pemeringkat, dan analisa ESG Reksa Dana ini bertujuan memberikan potensi tingkat pertumbuhan investasi dengan berbasis (benchmark) pada kinerja indeks IDX ESG Leaders.

Menurut penelitian praktek ESG yang solid akan menghasilkan 88 persen kinerja perusahaan yang lebih baik dan 80 persen penelitian menunjukkan bahwa kinerja harga saham perusahaan dipengaruhi secara positif oleh praktek keberlanjutan yang lebih baik.

Sesuai dengan kelas asetnya, reksa dana ini sesuai untuk investor yang memiliki profil risiko agresif dengan horizon investasi jangka panjang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

reksa dana eastspring ESG
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top