Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Papan Ekonomi Baru (New Economy) BEI Dimatangkan, Ini Penjelasannya

Bursa memiliki rencana untuk menambah dua papan pada tahun ini, yakni papan pemantauan khusus dan papan new economy.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 07 Januari 2022  |  19:47 WIB
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (21/12/2021). Bisnis - Suselo Jati
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (21/12/2021). Bisnis - Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa Efek Indonesia berencana menerbitkan dua papan khusus pada 2022, yakni papan pemantauan khusus dan papan ekonomi baru (new economy).

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo menyatakan Bursa memiliki rencana untuk menambah dua papan pada tahun ini, yakni papan pemantauan khusus dan papan new economy.

"Dengan begitu, BEI akan memiliki lima papan sekaligus, setelah sebelumnya memiliki tiga papan, yaitu papan utama, papan pengembangan dan papan akselerasi," jelasnya kepada Bisnis, Selasa (4/1/2022).

Papan ekonomi baru, lanjut Laksono, adalah emiten-emiten yang berbasikan teknologi atau menggeluti bisnis kekinian, misalnya PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA), serta e-commerce lainnya. Papan ekonomi baru juga membuka kesempatan perusahaan baterai kendaraan listrik dan sains-kesehatan untuk masuk.

Laksono menambahkan emiten-emiten yang menerapkan skema multiple voting share (MVS) juga akan masuk dalam papan ekonomi baru. Namun, untuk waktu penerbitan papan ekonomi baru, BEI masih melakukan peninjauan lebih lanjut.

"Utamanya terkait jumlah konstituen dan berbagai persiapan lainnya. Nanti kita akomodir industri new economy dari berbagai bidang masuk papan ini," imbuhnya.

Dia berharap papan new economy bisa terbit tahun ini seiring dengan potensi IPO dari para calon-calon emiten. Adapun, BEI menargetkan 55 emiten baru pada 2022, naik dari realisasi 54 emiten baru pada 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG bei bursa efek indonesia ekonomi
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top