Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Erick Thohir Bakal Rombak PLN, Bikin Subholding hingga Merger Anak Usaha

Salah satu transformasi yang dilakukan adalah dengan mengevaluasi keberadaan PT PLN Batubara yang merupakan anak perusahaan PLN.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 06 Januari 2022  |  17:11 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat konferensi pers terkait PLN, Kamis (6/1/2022) - Dok.BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir saat konferensi pers terkait PLN, Kamis (6/1/2022) - Dok.BUMN

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian BUMN menegaskan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menjadi fokus transformasi tahun ini setelah merombak besar-besaran Pertamina, Pelindo, Telkom, hingga Bank Himbara.

Menteri BUMN Erick Thohir terus melakukan transformasi pada perusahaan BUMN. Setelah sebelumnya mentransformasi Pertamina, Pelindo, Telkom, Bank-Bank Himbara, dan Klaster kesehatan, kali ini giliran PLN yang menjadi fokus utama Kementerian BUMN untuk ditransformasi.

Erick menegaskan, salah satu transformasi yang dilakukan adalah dengan mengevaluasi keberadaan PT PLN Batubara yang merupakan anak perusahaan PLN.

“Jadi, PLN Batubara ini kan anak perusahaan yang kalau sesuai visi ke depan dari Kementerian BUMN, selalu ingin kita kurangi jumlah anak dan cucu perusahaan, apalagi yang tidak diperlukan. Ini salah satu yang kita tinjau, apakah perusahaan ini akan dimerger nantinya dengan PLN, atau ditutup atau apapun, belum kita putuskan,” jelas Erick, Kamis (6/1/2022).

Ke depan, Erick juga berencana untuk membentuk subholding pelayanan dan retail di PLN. Subholding ini berfungsi untuk memperbaiki pelayanan kepada masyarakat.

Adapun Erick Thohir baru saja resmi memberhentikan dengan hormat Rudy Hendra Prastowo sebagai Direktur Energi Primer Perusahaan Perseroan (Persero) PLN. 

Posisi Rudy digantikan oleh Hartanto Wibowo sebagai Direktur Energi primer Perusahaan Perseroan (Persero) PLN. Keputusan ini tertuang dalam SK-2/MBU.01/2022 tanggal 6 Januari 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PLN.

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan baru saja menandatangani surat pergantian Direktur Energi Primer di PLN dengan Hartanto Wibowo yang merupakan top talent di PLN.

"Usianya 45 tahun dan saya lihat juga dari berbagai background bahwa ia memiliki kemampuan,” ujarnya.

Direktur Energi PLN bertugas menangani persoalan pasokan energi untuk pembangkit listrik milik PLN, baik stok batu bara maupun Liquifed Natural Gas (LNG).

Erick berharap hadirnya Hartanto dalam jajaran Direksi PLN dapat mengatasi permasalahan suplai batu bara dan LNG sebagai sumber energi dalam mendukung pasokan listrik nasional.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN BUMN erick thohir
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top