Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kaleidoskop 2021: Berbagai Kebijakan Bursa Efek Indonesia

BEI melakukan perubahan kebijakan pada tiga peraturan utama, yaitu peraturan pencatatan, peraturan perdagangan, dan peraturan keanggotaan.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 29 Desember 2021  |  15:53 WIB
Pengunjung melihat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (3/8/2020). Pada penutupan perdagangan awal pekan, IHSG ditutup melemah 2,78 persen atau 143,4 poin ke level 5.006,22. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung melihat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (3/8/2020). Pada penutupan perdagangan awal pekan, IHSG ditutup melemah 2,78 persen atau 143,4 poin ke level 5.006,22. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Tahun ini Bursa Efek Indonesia banyak mengeluarkan kebijakan baru untuk mengakomodasi perubahan ekonomi dan dinamika investor.

BEI melakukan perubahan kebijakan pada tiga peraturan utama pasar modal, yaitu peraturan pencatatan, peraturan perdagangan, dan peraturan keanggotaan. Kebijakan tersebut diharapkan bisa mengakomodir kebutuhan emiten, anggota bursa dan perlindungan investor.

Peraturan Pencatatan

29 Januari 2021

Perubahan Peraturan Nomor I-E Tentang Kewajiban Penyampaian Informasi.

Bahwa untuk memenuhi kebutuhan penyebaran informasi yang cepat, akurat dan merata bagi publik serta memudahkan bagi Perusahaan Tercatat, maka perlu adanya kewajiban pelaporan oleh Perusahaan Tercatat dalam bentuk softcopy melalui IDXnet.

26 Maret 2021

Peraturan Nomor I-G tentang Pencatatan Sukuk

Untuk menyederhanakan dan memudahkan pelaku pasar memahami dan melaksanakan ketentuan Pencatatan Sukuk, maka dipandang perlu dilakukan penyusunan dan pemisahan ketentuan peraturan tentang Pencatatan Sukuk dengan peraturan Efek Bersifat Utang.

21 Desember 2021

Perubahan Peraturan Nomor I-A tentang Pencatatan Saham Dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham Yang Diterbitkan Oleh Perusahaan Tercatat.

Dalam rangka menyelenggarakan perdagangan efek yang teratur, wajar, dan efisien serta seiring dengan adanya perkembangan pasar, maka dibutuhkan penyesuaian antara lain terkait persyaratan papan pencatatan, persyaratan dan mekanisme perpindahan papan pencatatan, serta penetapan definisi saham Free Float.

Peraturan Perdagangan

16 Juli 2021

Peraturan Nomor II-S tentang Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas Dalam Pemantauan Khusus.

Untuk mengakomodasi perdagangan yang teratur, wajar dan efisien, dipandang perlu menetapkan ketentuan perdagangan untuk Efek Bersifat Ekuitas Dalam Pemantauan Khusus.

26 Juli 2021

Peraturan Nomor II-A tentang Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas.

Bahwa untuk menyesuaikan dengan pengembangan sarana perdagangan, maka dipandang perlu untuk melakukan penyesuaian masa transisi atas beberapa ketentuan Peraturan Nomor II-A tentang Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas.

11 Oktober 2021

Perubahan Waktu Perdagangan Kontrak Berjangka Dalam Peraturan Nomor II-E tentang Perdagangan Kontrak Berjangka.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar dan mendukung

aktivitas perdagangan Kontrak Berjangka di Bursa, maka dipandang perlu untuk menyesuaikan waktu perdagangan Kontrak Berjangka.

Peraturan Keanggotaan

3 Mei 2021

Perubahan Peraturan Nomor III-E tentang Pemeriksaan Anggota Bursa Efek

Adanya perkembangan perdagangan Efek di Bursa yang dinamis maka dipandang perlu untuk dilakukan penyesuaian atas kegiatan pemeriksaan guna memastikan kepatuhan Anggota Bursa Efek dan efektivitas pelaksanaan pemeriksaan oleh Bursa.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG saham bursa efek indonesia
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top