Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Wih! Kabarnya Bursa Kripto Sebentar Lagi Meluncur

Regulator tengah meramu bursa kripto yang rencananya diluncurkan dalam waktu dekat.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 14 Desember 2021  |  01:33 WIB
Wih! Kabarnya Bursa Kripto Sebentar Lagi Meluncur
Ilustrasi aset kripto Bitcoin - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) disebut tengah merancang bursa khusus bagi perdagangan aset kripto.

Ibrahim Assuaibi, Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, mengatakan beberapa waktu lalu regulator tengah meramu bursa kripto. Menurutnya bursa tersebut akan dirilis dalam waktu dekat.

Ibrahim menambahkan regulator membutuhkan waktu untuk merancang bursa anyar tersebut. Adapun bursa akan berdiri dibawah perusahaan terbatas anyar bernama PT Bursa Fisik Aset Kripto.

Selain itu, telah ada tes uji kelayakan bagi para calon direksi yang akan menahkodai perusahaan anyar itu. Para pemangku kepentingan berasal dari perusahaan-perusahaan yang yang selama ini melakukan perdagangan kripto.

Hal itu menurutnya sama seperti pembentukan bursa berjangka pertama kali. Yaitu pialang berjangka yang telah dulu ada membentuk sebuah bursa khusus untuk menaunginya.

Nanti setelah bursa kripto terbentuk, lanjutnya, akan ada perlindungan dan regulasi khusus yang menaungi para pelaku pasar setelah bursa terbentuk. Meski demikian, bursa kripto akan berbeda dengan di luar negeri untuk mencegah dana lokal pergi ke luar.

“Rencananya akan ada pialang, pedagang dan market maker. Sistem akan sama seperti bursa berjangka,” katanya kepada Bisnis pada Senin (13/12/2021).

Ibrahim menegaskan aset kripto tidak akan bisa menjadi alat pembayaran di Indonesia. Menurutnya aset kripto di bursa nantimua akan bersifat seperti bursa berjangka untuk komoditas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa berjangka mata uang kripto aset kripto
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top