Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harum Energy (HRUM) Tambah Saham Smelter Nikel Rp393 Miliar

PT Harum Energy Tbk. melalui anak usahanya, PT Tanito Harum Nickel (THN), menambah kepemilikan saham di perusahaan smelter nikel PT Infei Metal Industry (IMI).
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 13 Desember 2021  |  20:35 WIB
Kegiatan operasional di tambang batu bara yang dikelola oleh PT Harum Energy Tbk. - harumenergy
Kegiatan operasional di tambang batu bara yang dikelola oleh PT Harum Energy Tbk. - harumenergy

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten batu bara PT Harum Energy Tbk. melalui anak usahanya yaitu PT Tanito Harum Nickel (THN) menambah kepemilikan saham di PT Infei Metal Industry (IMI) sebesar US$27,44 juta.

Dengan estimasi kurs Rp14.331 per dolar AS, transaksi itu setara dengan Rp393,24 miliar. Langkah meningkatkan kepemilikan saham THN di IMI ini pun mempertegas langkah emiten dengan kode saham HRUM dalam upaya diversivikasi ke bisnis nikel.

Direktur Utama Harum Energy Ray A. Gunara mengatakan THN telah membeli 252.838 saham baru atau 9,8 persen dari jumlah saham yang dikeluarkan oleh IMI.

Dengan harga jual-beli sebesr US$27,44 juta, kepemilikan THN di IMI meningkat menjadi 49 persen. Adapun, PT IMI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pemurnian nikel (smelter).

“Tujuan dari transaksi yang dilakukan oleh perseroan adalah untuk meningkatkan kepemilikan perseroan pada kegiatan usaha pengelolaan dan permurnian nikel,” tulis Ray dalam keterbukaan informasi, Senin (13/12/2021).

Sebelumnya, HRUM menggelontorkan US$69 juta untuk mengakuisisi PT Infei Metal Industry (IMI) pada awal tahun. HRUM melalui THN telah mengakumulasi kepemilikan saham di IMI pada akhir Juli 2021 dengan merogoh kocek US$41,16 juta atau sekitar Rp595,25 miliar

Dengan dana itu, HRUM menambah kepemilikan 14,7 persen saham di IMI. Setelah transaksi, porsi kepemilikan naik menjadi 39,2 persen.

Ray memproyeksikan smelter nikel milik IMI akan berkontribusi penuh bagi keuangan perseroan pada 2023 dan diharapkan dengan prospek harga nikel dunia yang naik sehingga dapat mendorong lini bisnis nikel sebanding dengan kontribusi bisnis batu bara HRUM saat itu.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smelter Nikel harum energy tbk hrum
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top