Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Aset Kripto dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar setelah Bitcoin

Selain Bitcoin ada beberapa aset kripto dengan kapitalisasi pasar jumbo yang dapat dilirik untuk investasi
Yuliana Hema
Yuliana Hema - Bisnis.com 15 November 2021  |  21:07 WIB
Daftar Aset Kripto dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar setelah Bitcoin
Koin kripto Shiba Inu dan Bitcoin - chroniclelive.co.uk
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pertumbuhan aset kripto yang sangat pesat mendorong harga dan kapitalisasi aset di dalamnya ikut meningkat. 

Berdasarkan data dari laman CoinMarketCap, Senin (15/11/2021), kapitalisasi pasar aset kripto telah mencapai US$2,86 triliun Adapun, Bitcoin (BTC) masih kokoh menguasai kapitalisasi pasar aset kripto sebesar 43,2 persen. Hari ini tercatat kapitalisasi pasar Bitcoin mencapai US$1,23 triliun. 

Namun, selain Bitcoin ada beberapa aset kripto dengan kapitalisasi pasar jumbo yang dapat dilirik untuk investasi, sebagai berikut. 

1. Ethereum (ETH)

Kapitalisasi pasar Ethereum (ETH) menyentuh US$554,81 miliar atau setara dengan Rp7,86 triliun. Dominasi ETH terhadap keseluruhan pasar mencapai 19,4 persen yang membuat ETH menjadi koin kedua terbesar setelah Bitcoin. 

2. Bincance Coin (BNB)

Koin yang awalnya berada di blockchain Ethereum, kini menempati urutan ketiga di bawah ETH setelah membentuk jaringan blockchainnya sendiri. Terpantau kapitalisasi pasar BNB mencapai US$109,08 miliar. 

3. Tether (USDT)

Tether (USDT) merupakan stablecoin yang mencerminkan harga dolar AS dikeluarkan perusahaan asal Hong Kong pada 2014. Kapitalisasi USDT sebesar US$73,88 miliar.  

4. Solana (SOL)

Solana (SOL) merupakan decentralized finance (DeFi) yang dikenal sebagai pesaing utama Ethereum karena memberikan kecepatan secepat saat masih menjadi platform Layer 1. Hingga saat ini, kapitalisasi pasarnya mencapai US$73,29 miliar. 

5. Cardano (ADA)

Cardano (ADA) merupakan satu proyek blockchain terbesar di dunia dengan kapitalisasi pasar sebesar US$68,58 miliar. Proyek ADA juga disebut sebagai “Green Blockchain” karena penggunaan energi yang minim. 

6. XRP (XRP)

Mata uang digital yang berjalan pada platform pembayaran digital RippleNet ini memiliki kapitalisasi sebesar US$57,14 miliar. Sebagai informasi, RippleNet bekerja pada database buku besar terdistribusi. 

7. Polkadot (DOT)

Selain token, Polkadot (DOT) merupakan protokol multichain sharding open-source yang memproses banyak transaksi di beberapa rantai secara paralel. Kapitalisasi pasar DOT tercatat berada di level US$46,05 miliar.  

8. Dogecoin (DOGE)

Nama kripto meme anjing mulai meledak salah satunya disebabkan oleh bos Tesla Inc. Elon Musk menyebutkan DOGE adalah mata uang kripto favoritnya. Saat ini, kapitalisasi DOGE mencapai US$34,73 miliar. 

9. USD Coin (USDC)

Stablecoin berkode USDC ini memiliki kapitalisasi pasar US$34,68 miliar. USDC merupakan stablecoin yang dipatok ke dolar AS dengan basis 1:1. Artinya, setiap unit mata uang kripto yang beredar ini didukung oleh $1 yang disimpan sebagai cadangan. 

10. Shiba Inu (SHIB)

Serupa dengan DOFE, popularitas token Shiba Inu meningkat setelah Elon Musk mencuit sembari mengunggah foto anak anjingnya bernama Floki Frunkpuppy. Berdasarkan pantauan Bisnis, kapitalisasi pasar SHIB mencapai US$18,87 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bitcoin cryptocurrency mata uang kripto aset kripto
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top