Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Taproot Bitcoin Resmi Diaktifkan, Begini Dampaknya untuk Investor

Simak dampak dari aktivasi Taproot Bitcoin, khususnya bagi investor aset kripto.
Ithamar Yaomi DC
Ithamar Yaomi DC - Bisnis.com 15 November 2021  |  18:09 WIB
Taproot Bitcoin Resmi Diaktifkan, Begini Dampaknya untuk Investor
Ilustrasi Mata Uang Kripto Bitcoin - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pendukung Bitcoin merayakan keberhasilan implementasi peningkatan Taproot setelah ketinggian blok, lokasi spesifik dalam blockchain, mencapai 709.632. Ini manfaat dan dampak penerapan Taporoot Bitcoin bagi investor. 

Peningkatan ini sangat dinanti karena merupakan salah satu perubahan terbesar sejak diperkenalkannya Segregated Witness (Segwit) pada 2017.

Setelah peningkatan selesai, komunitas Bitcoin membahas banyak manfaat yang ditawarkan oleh tanda tangan Taproot dan Schnorr. Mereka juga mulai mengukur penggunaan Taproot untuk masa depan. 

Taproot Telah Diaktifkan di Blockchain Bitcoin

Minggu (14/11/2021), Taproot secara resmi diaktifkan di blockchain Bitcoin (BTC). Taproot diaktifkan pada ketinggian blok 709.632 di periode kesulitan 352. Peningkatan ini telah lama ditunggu-tunggu karena merupakan peningkatan yang membutuhkan waktu tujuh tahun untuk diselesaikan.

Dilansir dari news.bitcoin.com, Taproot memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan skrip Bitcoin dalam berbagai cara untuk meningkatkan privasi, skalabilitas, dan keamanan.

Menggabungkan Taproot dengan peningkatan yang disebut tanda tangan Schnorr memungkinkan transaksi yang lebih ringkas dan agregasi kunci. Hal itu dilakukan dengan menyediakan serangkaian skema transaksi multi-tanda tangan yang beragam.

Schnorr menawarkan tiga manfaat utama menurut pengenalan basis kode di Github:

  • Keamanan yang dapat dibuktikan: Tanda tangan Schnorr terbukti aman. Secara lebih rinci, mereka sangat tidak dapat dipalsukan di bawah serangan pesan yang dipilih (SUF-CMA).
  • Non-malleability: Keamanan SUF-CMA dari tanda tangan Schnorr menyiratkan bahwa mereka tidak dapat ditempa. Di sisi lain, tanda tangan ECDSA secara inheren dapat ditempa.
  • Linearitas: Tanda tangan Schnorr menyediakan metode sederhana dan efisien yang memungkinkan banyak pihak yang berkolaborasi untuk menghasilkan tanda tangan yang valid untuk jumlah kunci publik mereka.

“Teknik kolaborasi atau agregasi kunci adalah blok bangunan untuk berbagai konstruksi tingkat tinggi yang meningkatkan efisiensi dan privasi, seperti multi-tanda tangan dan lainnya,” dikutip dari Github, (15/11/2021).

Skema tanda tangan Schnorr digabungkan dengan MAST (Merklized Alternative Script Tree), yang pada dasarnya menciptakan bahasa skrip baru yang disebut Tapscript.


Penambang Bitcoin Bersorak

Setelah Taproot diaktifkan, sejumlah besar pendukung aset kripto membahas penerapannya di media sosial.

“Peningkatan Taproot untuk Bitcoin telah secara resmi [telah] diaktifkan. Selamat dan terima kasih kepada setiap pengembang, penambang, dan Bitcoiner yang mewujudkan ini," cuit investor bitcoin Anthony Pompliano.

Penambang lain yang dijuluki 'Hashoveride' menulis di Twitter dampak aktivasi Taproot pada blockchain Bitcoin.

"Beginilah cara konsensus terbentuk dan peningkatan dilakukan! Sangat lambat, tidak kontroversial, dan tidak dipaksakan. Anda lebih baik mengenali. [Bitcoin] siap terbang,” imbuhnya.

Pengembang Bitcoin Core Pieter Wuille juga membahas soft fork yang sukses di Twitter dan berterima kasih kepada semua peserta jaringan.

“Akhirnya, BIP341/342 [Taproot] aktif di mainnet Bitcoin. Terima kasih kepada semua orang yang terlibat karena telah membawa kami sejauh ini," cuit Wuille seperti dikutip pada Senin (15/11/2021).

Bitcoiner Lyle Pratt juga berbicara tentang manfaat Taproot dan menjelaskan mengapa dia bersemangat akan perubahan tersebut.

“[Tiga] alasan saya secara pribadi senang dengan Taproot, 1) proses peningkatan memberi kami resep bagus untuk peningkatan di masa mendatang. 2) taproot akan membantu memperbanyak layanan DLC baru dan kasus penggunaan, yang pada akhirnya membawanya ke Lightning. 3) 1 juta + federasi multisig peserta sekarang dimungkinkan,” tulisnya di akun @lylepratt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bitcoin blockchain mata uang kripto
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top