Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hadapi Tapering The Fed, Ini Saham yang Bisa Dipilih Investor

Saham emiten di sektor komoditas seperti crude palm oil (CPO) dan batu bara masih cukup menarik di tengah tapering The Fed.
Annisa Saumi
Annisa Saumi - Bisnis.com 10 November 2021  |  11:25 WIB
Hadapi Tapering The Fed, Ini Saham yang Bisa Dipilih Investor
Warga melintas di depan gedung bank central Amerika Serikat atau The Federal Reserve di Washington, Amerika Serikat, Rabu (31/7/2019). Bloomberg - Andrew Harrer
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve berencana memulai pengurangan program pembelian obligasi atau tapering pada akhir bulan ini.

Kepala Riset Samuel Sekuritas Suria Dharma mengatakan, tapering off merupakan sesuatu yang akan terjadi. Namun, menurutnya tapering The Fed saat ini tidak akan serupa dengan yang terjadi pada 2013.

"Saham dulu 55 persen kepemilikan asing, sekarang sekitar 45 persen. Ini hal yang berbeda," kata Suria, Selasa (9/11/2021).

Dia melanjutkan, ketika pengumuman tapering dikeluarkan The Fed, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami kenaikan karena harga komoditas yang naik tinggi.

Dia menilai, naiknya harga komoditas ini akan berlangsung cukup panjang, dan tidak bisa turun begitu saja. Dia memperkirakan kenaikan harga ini akan bertahan minimal hingga semester I/2022.

"Komoditas kita harganya masih tinggi, dan kalau sudah tinggi seperti sekarang, enggak bisa langsung turun begitu saja. Jadi jangka waktunya minimal sampai semester I tahun depan," tuturnya.

Di tengah kondisi tapering off, Suria memiliki beberapa rekomendasi sektor saham yang bisa dipilih investor. Menurutnya, saham komoditas seperti crude palm oil (CPO) dan batu bara masih cukup menarik.

Selain itu, sektor lainnya adalah perbankan. Dia melihat, dengan pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terjadi pada Juli hingga Agustus, tidak membuat kinerja bank di kuartal III/2021 terganggu.

"Telekomunikasi juga menarik dengan banyak sekali terjadinya corporate action. Itu beberapa sektor yang perlu diperhatikan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG rekomendasi saham tapering
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top