Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Telefast (TFAS) Cetak Kenaikan Laba 269,9 Persen per Kuartal III/2021

Laba bersih yang diatribusikan TFAS tumbuh 269,9 persen menjadi Rp38,4 miliar hingga kuartal III/2021.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 05 November 2021  |  17:48 WIB
PT Telefast Indonesia Tbk (TFAS), anak perusahaan dari PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS), melalui anak usahanya yaitu PT Logitek Digital Nusantara ("LDN") bersama PT SiCepat Ekspres Indonesia meluncurkan Fastpoint - Perusahaan
PT Telefast Indonesia Tbk (TFAS), anak perusahaan dari PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS), melalui anak usahanya yaitu PT Logitek Digital Nusantara ("LDN") bersama PT SiCepat Ekspres Indonesia meluncurkan Fastpoint - Perusahaan

Bisnis.com, JAKARTA -  PT Telefast Indonesia Tbk. (TFAS), anak usaha dari PT M Cash Integrasi Tbk. (MCAS) mencetak pendapatan tumbuh sebesar 0,9 persen menjadi Rp489,9 miliar hingga kuartal III/2021. Laba bersih perseroan pun melejit.

Investor Relations Telefast Indonesia Fuad Nugraha mengungkapkan kenaikan pendapatan didukung oleh ketahanan segmen produk dan layanan digital di tengah kelemahan kondisi makro yang berkelanjutan.

Selain itu, TFAS mengalami peningkatan dalam pengelolaan modal kerja pada 9 bulan pertama 2021, yang dibuktikan dengan arus kas operasi yang meningkat secara signifikan dari Rp5,6 miliar arus keluar pada kuartal III/2020 menjadi Rp20,5 miliar arus masuk kuartal III/2021. 

TFAS pun berhasil mempertahankan profitabilitas operasional di tengah kondisi makro yang sulit.

"Laba bersih yang diatribusikan tumbuh 269,9 persen menjadi Rp38,4 miliar, didorong oleh pendapatan asosiasi sebesar Rp33,1 miliar (dari segmen logistik LDN dan Clodeo) per kuartal III/2021," urainya, Jumat (5/11/2021).

TFAS disebut berada di posisi yang tepat untuk memperluas pasar Courier, Express and Parcel (CEP) Indonesia yang berkembang pesat, yang diperkirakan akan melampaui nilai pasar US$5 miliar pada 2024.

Jaringan drop point SiCepat tumbuh menjadi lebih dari 6.100. Laba bersih LDN kuartal III/2021 tumbuh 182 persen secara kuartalan mencatat ekspansi berkelanjutan dari bisnis supply chain dan logistik perseroan yang secara resmi dikomersialkan pada akhir November 2020.

Jumlah drop point tumbuh menjadi 6.100 lebih, sebagian besar karena kolaborasi dengan mitra utama seperti Alfamart dan Shipper serta memanfaatkan 10.000 jaringan toko perseroan yang ada.

Ke depan, TFAS juga akan bekerja sama dengan perusahaan lain seperti MNC Travel dan OYO untuk memperluas jaringan drop point.

Hingga kuartal III/2021, TFAS mendapatkan Rp24,9 miliar pendapatan asosiasi dari LDN yang berkontribusi sekitar 65 persen terhadap laba TFAS.

Momentum pertumbuhan ini sejalan dengan perluasan drop point & jaringan merchant yang berkelanjutan ditambah dengan tingkat penerimaan yang sehat dari layanan LDN oleh pasar luas. Perseroan menargetkan untuk menyebarkan 15.000 drop point pada akhir tahun. 

Paxel menggandeng SiCepat sebagai mitra last mile dan LDN sebagai penyedia sistem, untuk membuka 10 rute pengiriman baru pada kuartal IV/2021. Ke-10 kota tersebut antara lain Ciamis, Purwakarta, Subang, Indramayu, Cilegon, Serang, Karawang, Cianjur, Sukabumi, dan Lampung.

Kolaborasi ini diharapkan dapat mempermudah UMKM Indonesia untuk melakukan pengiriman, sehingga memanfaatkan potensi pertumbuhan ekonomi yang kuat dari kota-kota lapis dua di Indonesia. Ini menandai tonggak sejarah bagi TFAS dalam upaya berkelanjutan untuk memperluas jaringan 3PL ekosistem teknologi logistiknya.

TFAS bersama SiCepat meluncurkan Fastpoint, sebuah bisnis ekspres berkonsep kontainer. Kontainer tersebut akan menawarkan layanan drop point SiCepat dan produk serta layanan tambahan lainnya.

Pada tahap awal peluncuran, Fastpoint akan fokus memenuhi kebutuhan pasar di kota-kota besar, kemudian secara bertahap melakukan ekspansi ke wilayah dan provinsi lain di seluruh Indonesia. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten kresna graha investama Telefast Indonesia
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top