Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng Mitsui, WIFI Bangun Serat Optik Kapasitas Jumbo

PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI) bersama Mitsui & Co., Ltd. akan mengembangkan kabel serat optik di sepanjang jalur kereta.
Transformasi digital. /Surge
Transformasi digital. /Surge

Bisnis.com, JAKARTA - PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI) atau Surge bersama Mitsui & Co., Ltd. menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk mendorong pembangunan infrastruktur jaringan serat optik berkapasitas besar di Pulau Jawa, Indonesia.

MoU tersebut berisikan rencana kedua belah pihak untuk berkolaborasi dalam memfasilitasi transfer pengetahuan dan teknologi dalam mengembangkan infrastruktur digital dan memfasilitasi kemungkinan investasi bersama.

Keduanya berharap kolaborasi ini dapat memastikan percepatan penggelaran serat optik di sepanjang rel kereta api di berbagai lokasi seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur serta keunggulan operasional untuk memberikan tingkat pelayanan yang kuat dan berkualitas tinggi kepada mitra.

CEO Surge Hermansjah Haryono mengatakan senang dapat berkolaborasi dengan Mitsui, salah satu perusahaan global terbesar dalam infrastruktur digital, dengan kredibilitas dan inovasi yang tidak diragukan.

“Ini merupakan validasi atas misi dan model bisnis Surge di Indonesia untuk hadirkan konektivitas bagi masyarakat luas, terutama di kabupaten dan kota Tier-2 dan Tier-3 di Indonesia yang belum memiliki akses internet yang berkualitas dan terjangkau,” katanya dalam keterangan resmi Kamis (4/11/2021).

Dia menambahkan dari perspektif bisnis sebagian jaringan serat optik telah hampir rampung. Perseroan, lanjutnya, juga mempersiapkan diri untuk menyediakan beragam solusi konektivitas, internet, edge data center, dan telekomunikasi.

Selain itu, dia juga sedang berdiskusi secara intens dengan sejumlah calon pengguna dari perusahaan multinasional lainnya yang berbasis di kawasan industri Cikarang.

Sebelumnya, WIFI membuka segmen bisnis anyar yaitu Weave Connect. Unit usaha anyar itu dijalankan oleh melalui anak usahanya PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave).

Saat ini perseroan telah menyelesaikan segmen pertama pembangunan jaringan infrastruktur serat optik yaitu Jakarta-Bandung dan Jakarta Bogor. Rencananya keseluruhan jaringan sepanjang pulau Jawa akan terselesaikan pada bulan Desember 2021.

CEO Solusi Sinergi Digital Hermansjah Haryono mengatakan momen ini menandakan dimulainya era konektivitas berkecepatan tinggi dengan tingkat keamanan yang handal serta harga yang sangat terjangkau.

"Semoga layanan Weave Connect bisa menjadi solusi atas kebutuhan konektivitas handal bagi para pelaku bisnis dan masyarakat luas di Indonesia dan memberi nilai tambah bagi perekonomian Indonesia," katanya.

Selain itu, WIFI pun meluncurkan aplikasi bagi para pemilik usaha Internet Service Provider (ISP). Perseroan mengklaim dengan aplikasi ini, seluruh customer dari ISP yang berpartner dengan Weave akan dapat tetap menikmati layanan konektivitas berkecepatan tinggi dari Merak hingga Banyuwangi secara terintegrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper