Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Entitas Pelindo IPCC Raih Laba Rp16,6 Miliar, Gak Rugi Lagi

IPCC mencatatkan laba Rp16,6 miliar per September 2021, berbalik dari sebelumnya rugi Rp32,73 miliar.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 02 November 2021  |  15:20 WIB
Mobil diparkir di kawasan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) di Jakarta, Rabu (12/9/2018). - JIBI/Abdullah Azzam
Mobil diparkir di kawasan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) di Jakarta, Rabu (12/9/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pengelola pelabuhan kendaraan, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC) mencetak kenaikan pendapatan sepanjang 9 bulan 2021. Pendapatan yang meningkat seiring dengan membaiknya sektor otomotif.

Investor Relations Indonesia Kendaraan Terminal Reza Priyambada mengungkapkan meningkatnya jumlah kendaraan dan spare parts/general cargo yang ditangani sepanjang periode sembilan bulan di tahun ini berimbas pada meningkatnya perolehan pendapatan dari sisi Pelayanan Jasa Terminal maupun Pelayanan Jasa Barang.

Total perolehan pendapatan Operasi IPCC di periode sembilan bulan tahun ini mencapai Rp347,77 miliar atau naik 39,54 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu sebesar Rp249,23 miliar.

Pelayanan Jasa Terminal yang memiliki kontribusi sebanyak 93,46 persen dari total pendapatan mengalami kenaikan 39,31 persen menjadi Rp325,03 miliar sepanjang periode sembilan bulan 2021.

Adapun pelayanan jasa barang dengan kontribusi 5,31 persen terhadap total pendapatan mengalami kenaikan 43,98 persen.

Tambahan pendapatan juga diperoleh dari meningkatnya pendapatan dari Pelayanan Rupa-rupa usaha dan Pengusahaan Tanah, Bangunan, Air, dan Listrik dengan kontribusi masing-masing 0,94 persen dan 0,29 persen dari total pendapatan yang mengalami kenaikan masing-masing 48,74 persen dan 12,74 persen secara tahunan.

"Membaiknya sektor otomotif yang diikuti dengan mulai meningkatnya penjualan kendaraan sebagai imbas meningkatnya permintaan di masyarakat, diikuti dengan meningkatnya penjualan Alat Berat terkait dengan permintaan di sektor pertambangan dan perkebunan turut membantu meningkatnya kinerja operasional di Terminal IPCC," urainya, Selasa (2/11/2021).

Begitupun dengan meningkatnya permintaan akan kendaraan dan Alat Berat di luar Indonesia juga turut berimbas positif pada kegiatan bongkar muat di Terminal IPCC.

Dengan peningkatan tersebut, tentunya membuat kinerja keuangan IPCC juga mengalami perbaikan bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Perbaikan di periode sembilan bulan tahun ini juga melanjutkan pemulihan kinerja keuangan di periode 3 bulan dan 6 bulan sebelumnya.

Di sisi lain, beban pokok pendapatan IPCC di periode tersebut hanya naik 16,62 persen menjadi Rp212,15 miliar dibandingkan periode yang sama di tahun lalu sebesar Rp181,92 miliar. Sementara itu, beban operasional naik tipis 0,72 persen menjadi Rp123,62 miliar dibandingkan periode sembilan bulan di tahun lalu sebesar Rp122,73 miliar.

Dari pencapaian tersebut, nilai EBITDA IPCC berhasil mengalami turnaround naik 131,18 persen menjadi Rp105,62 miliar dari perolehan di tahun lalu sebesar Rp45,69 miliar.

Tidak hanya itu, perolehan laba tahun berjalan pun mengalami turnaround menjadi Rp16,60 miliar dibandingkan periode yang sama di tahun lalu IPCC tercatat rugi Rp32,73 miliar.

"Manajemen berkeyakinan bahwa pemulihan ekonomi yang sustain dapat membantu pemulihan di sejumlah sektor, terutama sektor otomotif dan terkait lainnya sehingga momentum pemulihan kinerja IPCC dapat terus terjadi di tahun ini," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo ii Kinerja Emiten indonesia kendaraan terminal IPCC Terminal
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top