Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emiten Gojek-Grup Lippo MPPA Rights Issue Lepas 1,2 Miliar Saham, Target Dana Rp890,1 Miliar

PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) akan melepas 1,17 miliar saham baru dalam rights issue dengan target dana Rp890,11 miliar.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 13 Oktober 2021  |  08:25 WIB
Petugas Hypermat tengah memindahkan barang belanjaan konsumen. Layanan park and pick up menjadi salah satu layanan baru PT Matahari Putra Prima Tbk. sejak penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). - hypermart.co.id
Petugas Hypermat tengah memindahkan barang belanjaan konsumen. Layanan park and pick up menjadi salah satu layanan baru PT Matahari Putra Prima Tbk. sejak penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). - hypermart.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten ritel PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) akan melakukan rights issue atau penawaran umum terbatas (PUT VI) dalam rangka penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) sebanyak 1,17 miliar lembar saham.

Mengutip prospektus yang dikeluarkan perseroan, Rabu (13/10/2021), MPPA akan menawarkan sebanyak-banyaknya 1.171.200.788 saham biasa atas nama atau saham baru dengan nilai nominal Rp50 setiap saham yang ditawarkan dengan harga pelaksanaan Rp760 setiap saham.

Total saham yang akan mengumpulkan dana sebanyak-banyaknya Rp890.112.598.880 atau Rp890,11 miliar tersebut mewakili sebanyak-banyaknya 13,46 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah PUT VI.

"Setiap pemegang 45 saham biasa atas nama yang namanya tercantum dalam Daftar Pemegang Saham [DPS] pada tanggal 7 Desember 2021 pukul 16.15 WIB mendapatkan 7 HMETD dimana 1 HMETD berhak untuk membeli 1 Saham Baru dengan nilai nominal Rp50 setiap saham, dengan harga pelaksanaan Rp760 setiap saham yang harus dibayar penuh pada saat mengajukan pemesanan pembelian saham," jelas prospektus tersebut, dikutip Rabu (13/10/2021).

Saham yang akan diterbitkan dalam rangka PUT VI ini akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). HMETD dapat diperdagangkan di BEI serta di luar Bursa Efek selama 5 Hari Bursa mulai tanggal 9 sampai dengan 10 Desember 2021, dan 13 sampai dengan 15 Desember 2021.

Pencatatan Saham Baru MPPA hasil pelaksanaan HMETD akan dilakukan di BEI pada tanggal 9 Desember 2021. Tanggal terakhir pelaksanaan HMETD adalah tanggal 15 Desember 2021 sehingga HMETD yang tidak dilaksanakan pada tanggal tersebut tidak berlaku lagi.

Apabila Saham Baru yang ditawarkan dalam PUT VI ini tidak seluruhnya diambil atau dibeli oleh pemegang saham atau pemegang HMETD, maka sisanya akan dijatahkan secara proporsional berdasarkan atas jumlah HMETD yang dilaksanakan oleh masing-masing pemegang saham yang meminta penambahan saham berdasarkan harga pemesanan kepada pemegang HMETD lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya.

Pemegang saham MPPA yang tidak melaksanakan rights issue ini sesuai porsi sahamnya, maka proporsi kepemilikan sahamnya akan mengalami penurunan atau terdilusi sampai dengan maksimal 13,46 persen.

Setelah HMETD, komposisi pemegang saham MPPA ialah PT Multipolar Tbk. (MLPL) 36,04 persen, Anderson Investment Pte. Ltd. 14,8 persen, PT Aplikasi Karya Bangsa (Gojek) 5,49 persen, investor HMETD 8,16 persen, dan masyarakat 35,51 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lippo group matahari putra prima Gojek rights issue
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top