Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Axiata Group Jual 5 persen Saham EXCL Rp1,4 Triliun

Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (AIISB) akan menjual 5 persen saham PT XL Axiata Tbk. (EXCL) senilai Rp1,44 triliun.
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Induk usaha PT XL Axiata Tbk. (EXCL), Axiata Group, sepakat menjual kepemilikan usahanya sebesar 5 persen kepada tiga entitas senilai Rp1,44 triliun.

Direksi Axiata mengumumkan bahwa Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (AIISB), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki secara tidak langsung oleh perusahaan, mengadakan perjanjian jual beli (SPA) dengan Ferrymount Investments Limited (FIL), Procap Partners Ltd (Procap), dan Tiga Investments
Pte Ltd.

SPA dilakukan dalam rangka pelepasan oleh AIISB atas 533.409.349 saham biasa di EXCL yang mewakili sekitar 5 persen kepemilikan ekuitas di XL kepada ketiga entitas tersebut.

"Dalam pelepasan saham tersebut dengan nilai Rp1,44 triliun setara dengan sekitar RM423,5 juta atau Rp2,700 (setara RM0,79) per saham XL," jelas direksi Axiata dalam keterbukaan, Senin (27/9/2021).

Sebelum pelepasan, AIISB memegang 66,5 persen kepemilikan saham di XL yang tercatat di Bursa Efek Indonesia sehingga kepemilikannya turun menjadi 61,5 persen dan tetap menjadi pengendali EXCL.

Procap Partners Ltd (Procap) dan Tiga Investments Pte Ltd (Tiga Investments), bertindak sebagai penjamin akan menjamin tanpa syarat dan tidak dapat ditarik kembali pelepasan saham oleh pembeli dari kewajibannya berdasarkan perjanjian jual beli.

Sebagai tambahan, Ferrymont memberikan opsi untuk Axiata membeli kembali sebanyak 533.409.349 saham EXCL dari dari Ferrymont seharga Rp2.700 per saham EXCL atau call option.

Opsi panggilan dapat dijalankan oleh Axiata jika harga saham rata-rata dalam sebulan pada tiga bulan perdagangan saham EXCL kurang dari Rp2.300 per lembar sahamnya baik pada 31 Maret 2022 atau 30 Juni 2022.

Opsi panggilan ini akan hilang jika dalam tiga bulan harga saham rata-rata per bulan EXCL melebihi Rp3.300 selama periode 1 Januari 2022 sampai 30 Juni 2022.

Perjanjian penjualan ini diharapkan akan selesai pada Oktober 2021 atau tanggal lain yang disepakati oleh penjual dan pembeli tersebut. Grup Axiata pun tidak perlu melakukan RUPS dalam transaksi ini karena transaksinya tidak bersifat material.

Pada perdagangan Senin (27/9/2021) pukul 14.22 WIB, saham EXCL berada di posisi Rp2.950, sama seperti kemarin. Saham EXCL naik 8,06 persen sepanjang 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper