Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

E-commerce Grup Djarum Blibli Akuisisi Saham Supra Boga (RANC) dari 7 Pihak

Blibli.com mengakuisisi 51 persen saham PT Supra Boga Lestari Tbk. (RANC) dari 7 pihak.
Blibli.com
Blibli.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan e-commerce, PT Global Digital Niaga atau lebih dikenal dengan Blibli.com mengakuisisi PT Supra Boga Lestari Tbk. (RANC). Blibli mengakuisisi kepemilikan dari 7 entitas pemegang sahamnya.

Berdasarkan keterbukaan yang dipublikasikan di Harian Bisnis Indonesia, Kamis (16/9/2021), Blibli mengumumkan pada Rabu (15/9/2021) telah terjadi penandatanganan Perjanjian Pengikatan Pembelian Saham dalam PT Supra Boga Lestari Tbk.

Hal ini sehubungan dengan rencana Blibli untuk melakukan pengambilalihan atau akuisisi perusahaan pengelola Ranch Market tersebut.

Perkiraan jumlah saham yang akan diambil alih sebanyak 797.888.628 saham (dibulatkan 797,88 juta saham) yang mewakili 51 persen dari total modal ditempatkan dan modal disetor RANC yang dimiliki oleh para penjual, dimana transaksi tersebut akan mengakibatkan perubahan pengendalian atas RANC (Rencana Pengambilalihan).

Adapun, Blibli mengakuisisi kepemilikan dari 7 entitas pemegang saham RANC, yakni PT Wijaya Sumber Sejahtera, PT Prima Rasa Inti, PT Gunaprima Karyaperkasa, PT Ekaputri Mandiri, Dr. David Kusumodjojo, Suhamo Kusumodjojo, dan Harman Siswanto.

"Tujuan rencana pengambilalihan adalah untuk pengembangan usaha dan perluasan ekosistem perseroan sebagai salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia," urai keterbukaan informasi tersebut.

PT Gobal Digital Niaga atau Blibli memiliki kegiatan usaha perdagangan eceran melalui media untuk barang campuran, aktivitas pengembangan aplikasi perdagangan melalui internet (e-commerce), portal web dan atau platform digital dengan tujuan komersial.

Negosiasi dilakukan secara langsung oleh Perseroan dengan para penjual. Dengan bergantung pada pemenuhan seluruh kondisi dan persyaratan sebagaimana diatur dalam perjanjian, Rencana Pengambilalihan ditargetkan dapat selesai selambat-lambatnya 40 hari kalender sejak penandatanganan perjanjian atau tanggal lainnya sebagarmana disepakati bersama oleh para pihak.

"Sampai dengan tanggal pengumuman negosiasi ini, perseroan tidak memiliki, baik langsung maupun tidak langsung, saham-saham yang telah diterbitkan oleh RANC," ungkapnya.

Dalam melaksanakan rencana pengambilalihan, perseroan akan senantiasa memperhatikan dan memenuhi ketentuan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku di bidang pasar modal.

Jika akuisisi telah rampung, Blibli juga akan melaksanakan penawaran tender atas sisa saham dalam RANC yang wajib dilakukan sesuai dengan ketentuan dalam POJK 9/2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper