Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BIA 2021: Alfamart (AMRT) Jadi Emiten Terbaik Sektor Perdagangan Retail Barang Primer

AMRT mengungguli dua emiten lain, yakni PT Midi Utama Indonesia Tbk., dan PT Millenium Pharmacon International Tbk.
Annisa Saumi
Annisa Saumi - Bisnis.com 15 September 2021  |  17:14 WIB
TANGERANG - Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Peter Suryadi, Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Tomin Widian, Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. A. Hans Prawira, dan Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Solihin memaparkan kinerja perusahaan pada 2020 dan rencana bisnis 2021 dalam parparan publik di Alfa Tower, Alam Sutera, Kamis (6/5/2021). - Bisnis/Dwi Nicken Tari
TANGERANG - Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Peter Suryadi, Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Tomin Widian, Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. A. Hans Prawira, dan Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Solihin memaparkan kinerja perusahaan pada 2020 dan rencana bisnis 2021 dalam parparan publik di Alfa Tower, Alam Sutera, Kamis (6/5/2021). - Bisnis/Dwi Nicken Tari

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pengelola minimarket Alfamart, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT), meraih penghargaan dalam ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2021.

Emiten berkode saham AMRT ini menjadi emiten terbaik di kategori sektor perdagangan retail barang primer. AMRT tercatat harus bersaing dengan dua emiten lain, yakni PT Midi Utama Indonesia Tbk., dan PT Millenium Pharmacon International Tbk.

Corporate Affairs Director AMRT Solihin mengatakan, selama satu setengah tahun ini merupakan tahun yang penuh tantangan bagi sektor retail seperti Alfamart.

"Terima kasih ke Bisnis Indonesia atas apresiasi yang diberikan ke Alfamart sebagai emiten terbaik di kategori perdagangan retail barang primer," ucap Solihin, Rabu (15/9/2021).

Dia menjelaskan, salah satu tantangan yang dihadapi perseroan adalah perubahan pola belanja konsumen. Dengan tantangan ini, pihaknya melakukan penyesuaian dalam menjalankan operasional perusahaan.

Salah satunya, kata dia, melakukan pengembangan belanja online melalui aplikasi Alfagift dengan fitur yang user friendly bagi konsumen.

"Selain itu kami terus berfokus memberikan layanan yang terbaik bagi konsumen. Sehingga di 2020 kami tidak hanya bertahan, tapi, juga bisa melaju dengan kinerja terbaik, dengan semangat Alfamart melayani Indonesia," katanya.

Adapun hingga semester I/2021, AMRT mencatatkan pertumbuhan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk sebesar 72,99 persen. Laba bersih perseroan tercatat naik menjadi Rp853,29 miliar pada paruh pertama 2021, dari Rp493,26 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan juga terjadi pada pendapatan bersih perseroan yang naik 10,37 persen pada semester I/2021 menjadi Rp42,04 triliun. Adapun pada periode yang sama di tahun sebelumnya, AMRT membukukan pendapatan Rp38,09 triliun.

Sebagai informasi, Bisnis Indonesia Award (BIA) merupakan kegiatan tahunan dari Bisnis Indonesia. Pelaksanaan BIA 2021 memasuki tahun ke-19 sejak pertama kali dilaksanakan pada 2002.

BIA adalah penghargaan dari Harian Bisnis Indonesia, sebagai navigasi bisnis terpercaya, terhadap pelaku bisnis di Indonesia, khususnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Bisnis Indonesia Award dalam pelaksanaannya menggunakan tema tertentu yang ditentukan oleh redaksi Harian Bisnis Indonesia, berdasarkan pertimbangan tren bisnis dan ekonomi yang menjadi fokus perhatian redaksi selama periode award berlangsung.

Periode yang dimaksud dalam ajang BIA 2021 adalah Laporan Keuangan Periode Tahun 2018 sampai dengan 2020.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alfamart sumber alfaria trijaya Bisnis Indonesia Award
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top