Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rencana Private Placement Wintermar (WINS) Dibawa ke RUPS Pekan Depan

Aksi private placement dinilai memberikan keleluasaan dalam meningkatkan sebagian ekuitas WINS jika muncul kesempatan untuk berinvestasi.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 12 Agustus 2021  |  16:10 WIB
Kapal Winposh Ready, salah satu armada tipe Anchor Handling Tug Supply milik PT Wintermar Offshore Marine Tbk. - wintermar.com
Kapal Winposh Ready, salah satu armada tipe Anchor Handling Tug Supply milik PT Wintermar Offshore Marine Tbk. - wintermar.com

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pelayaran PT Wintermar Offshore Marine Tbk. (WINS) optimistis memandang tahun-tahun mendatang pada bisnis kapal lepas pantai. Hal ini yang membuat perseroan menyiapkan rencana private placement yang akan melewati persetujuan pemegang saham pada 19 Agustus 2021.

Investor Relations Wintermar Offshore Marine Pek Swan Layanto menerangkan dalam beberapa bulan terakhir, telah terjadi peningkatan pengajuan baru karena prospek kapal lepas pantai terus terlihat lebih baik untuk tahun-tahun mendatang.

"Offshore wind adalah industri yang diperkirakan akan mengalami peningkatan tajam dalam investasi, di mana Taiwan memimpin investasi Asia di bidang baru ini," jelasnya, Kamis (12/8/2021).

WINS sedang mempertimbangkan beberapa proposal saat ini dan berencana memulai investasi pada aset baru untuk mengembangkan bisnis. Salah satu strateginya adalah terus menjual beberapa kapal dan menjaga armada yang lebih fokus, sambil mengelola gearing dan arus kas.

Di sisi lain, WINS telah mengusulkan penerbitan saham tanpa memesan efek terlebih dahulu untuk disetujui pada RUPS 19 Agustus 2021 yang akan datang. Aksi ini dinilai memberikan keleluasaan dalam meningkatkan sebagian ekuitas jika muncul kesempatan untuk berinvestasi.

Selain itu, perusahaan terus membangun kemampuan manajemen kapal melalui investasi pada perangkat lunak dan digitalisasi proses untuk memberikan efisiensi biaya dan kontrol yang lebih baik.

Dengan kemampuan tersebut, perseroan akan mampu mengembangkan bisnis pengelolaan kapal pihak ketiga untuk memberikan lebih banyak pendapatan berbasis komisi tanpa investasi modal yang besar.

Kontrak yang dimiliki Perusahaan pada akhir Juli 2021 sebesar US$69juta.

Wintermar membukukan laba kotor sebesar US$3,3 juta untuk semester I/2021, dibandingkan dengan rugi kotor sebesar US$0,66 juta untuk periode yang sama tahun lalu, sebagaimana utilisasi armada pulih menjadi 63 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emiten pelayaran wintermar offshore marine private placement
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top