Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukalapak Go Public Besok, Siapa Marketplace Top di Indonesia?

Bukalapak berada di posisi ke-50 dengan jumlah kunjungan 31,8 juta per bulan atau posisi kedua di Indonesia.
Ilustrasi Bukalapak, salah satu marketplace di Indonesia
Ilustrasi Bukalapak, salah satu marketplace di Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Aksi penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) dari perusahaan penyedia marketplace PT Bukalapak.com Tbk. sudah di depan mata.

Bukalapak menuntaskan penawaran umum pada 27-30 Juli 2021. Selanjutnya tanggal penjatahan ditetapkan pada Selasa (3/8/2021).

Distribusi saham secara elektronik dan pengembalian uang pesanan dilakukan pada hari ini (5/8/2021). Selanjutnya saham calon emiten dengan kode saham BUKA ini akan tercatat di Bursa Efek Indonesia besok, Jumat (6/8/2021).

Bukalapak akan menjadi sejarah karena merupakan platform e-commerce penyedia marketplace pertama yang akan mencatatkan sahamnya di bursa. 

Tak hanya menjadi unicorn pertama yang go public di bursa Tanah Air, Bukalapak juga menorehkan sejarah baru di lantai bursa karena raihan dana segar Rp21,9 triliun dengan membanderol harga pelaksanaan IPO senilai Rp850 per saham.

Kendati demikian, ternyata Bukalapak bukan marketplace top dari sisi kunjungan (visit) per bulan. Posisi pertama marketplace dengan kunjungan tertinggi di Indonesia masih dipegang oleh Tokopedia.

Berdasarkan data World’s Top Online Marketplaces yang dikutip dari webretailer.com, Tokopedia menempati posisi ke-18 secara global dengan jumlah kunjungan sebanyak 140,1 juta per bulan. Posisi ini membuat Tokopedia menempati posisi pertama sebagai marketplace yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Sementara Bukalapak berada di posisi ke-50 dengan jumlah kunjungan 31,8 juta per bulan atau posisi kedua di Indonesia. Mengikuti berikutnya Blibli di posisi ke-63 dengan jumlah kunjungan 20,9 juta per bulan atau posisi ketiga di Indonesia.

Sedangkan di kawasan Asean, Tokopedia menempati posisi kedua atau hanya berselang satu rangking dengan Shopee asal Singapura yang menempati posisi pertama. 

Sementara itu, Bukalapak berada di posisi ke-4 di Asia Tenggara atau di bawah Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper