Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ENRG Kucurkan Dana Setara Rp630 Miliar, Tambah Saham di Blok Kangean

PT Energi Mega Persada Tbk. (ENRG) telah menyelesaikan akuisisi tambahan 25 persen saham Energi Mega Pratama Inc. senilai US$43,5 juta.
Salah satu lokasi aktivitas bisnis PT Energi Mega Persada Tbk/Energi-mp.com
Salah satu lokasi aktivitas bisnis PT Energi Mega Persada Tbk/Energi-mp.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten eksplorasi minyak dan gas, PT Energi Mega Persada Tbk. (ENRG) telah menyelesaikan akuisisi tambahan 25 persen saham Energi Mega Pratama Inc. senilai US$43,5 juta.

ENRG mengeluarkan dana sebesar US$43,5 juta untuk membeli 250.000 lembar saham milik Energi Mega Pratama Inc., atau sekitar Rp630,75 miliar dengan estimasi kurs Rp14.500 per dolar AS. Jumlah itu setara dengan 25 persen dari total saham Energi Mega Pratama Inc. P

Perseroan merupakan suatu perusahaan yang didirikan dan tunduk berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di British Virgin Islands.

Energi Mega Pratama Inc. mengoperasikan blok gas Kangean di Jawa Timur. Setelah aksi akuisisi selesai, maka ENRG memiliki 75 persen saham Energi Mega Pratama Inc.

Direktur Keuangan Energi Mega Persada Edoardus Windoe mengatakan telah mengendalikan kepemilikan asset gas Kangean melalui anak usaha setelah transaksi selesai.

"Hari ini kami umumkan perusahaan telah menyelesaikan akuisisi 25 persen saham tambahan menjadi 75 persen. Kami menggunakan dana sekitar US$43,5 juta dari total US$125 juta hasil Penawaran Umum Terbatas (PUT) II," paparnya dalam siaran pers, Selasa (3/8/2021).

Direktur Utama Syailendra S. Bakrie menambahkan Kangean telah menyumbang 48 persen dari total produksi minyak dan gas perseroan. Rata-rata produksi di semester I/2021 adalah 169,5 juta kubik gas per hari.

Dia menambahkan Kangean juga mengoperasikan 177 miliar kubik gas dalam cadangan terbukti dan terukur. Oleh sebab itu, Syailendra optimistis penambahan kepemilikan akan berdampak pada fundamental perseroan.

Adapun dana hasil akuisisi merupakan hasil dari right issue perseroan senilai US$125 juta atau sekitar Rp1,82 triliun. Selain untuk mengakuisisi saham, ENRG juga melunasi utang dan menambah modal entitas usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper