Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sah! Auric Digital Jadi Pengendali Baru Matahari Department Store (LPPF)

Auric Digital siap bekerja dengan manajemen LPPF untuk memperbaharui strategi, memanfaatkan pengetahuan sektoral yang mendalam dan wawasan strategisnya.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 16 Juli 2021  |  14:38 WIB
Gerai Matahari Department Store. - Bisnis
Gerai Matahari Department Store. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Auric Digital Retail Pte Ltd resmi menjadi pemegang saham pengendali baru PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF). Kini, Auric menggenggam 840,77 juta saham atau setara 32 persen dari total modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan.

Corporate Secretary & Legal Director Matahari Department Store Miranti Hadisusilo mengatakan, pada 15 Juli 2021, sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 9/POJK.04/2018, Auric mengumumkan bahwa mereka telah menjadi pemegang saham pengendali baru perseroan sejak 14 Juli 2021.

“Pengendalian ini merupakan hasil dari voluntary tender offer (VTO) atas saham LPPF yang dilakukan Auric Digital,” kata Miranti dalam keterangan resmi, Jumat (16/7/2021).

Sebelumnya, Auric Digital menggelar VTO selama periode 4 Juni 2021 hingga 3 Juli 2021. Harga penawaran tender ditetapkan sebesar Rp 1.530 per saham.

Dalam prospektus sebelumnya disebutkan, setelah VTO tuntas, Auric Digital juga berencana membeli 139,82 juta saham LPPF dari Greater Universal Ltd dan 125,97 juta saham dari OUE Investment Pte Ltd. Jumlah saham tersebut mewakili 10,12 persen dari seluruh saham LPPF.

Nantinya, setelah pelaksanaan pembelian saham dan penawaran tender sukarela, Auric Digital akan menguasai maksimal 1,31 miliar saham atau setara 50,12 persen.

Secara khusus, Auric Digital berencana bekerja dengan manajemen LPPF untuk memperbaharui strategi, memanfaatkan pengetahuan sektoral yang mendalam dan wawasan strategisnya, serta mengidentifikasi dan melaksanakan serangkaian prakarsa yang konkret.

Auric Digital berkantor pusat di 50 Collyer Quay #05-06, OUE Bayfront, Singapura. Adapun ruang lingkup kegiatan usaha perusahaan adalah investasi.

Sebanyak 60 persen saham Auric Digital dikuasai oleh Auric Bespoke I Pte Ltd, dan 40 persen sisanya dimiliki OUE Retail Holdings Pte Ltd. Adapun OUE Retail Holdings dikendalikan penuh oleh perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Singapura (SGX).

Sementara Auric Bespoke dimiliki secara langsung oleh Auric Capital Holdings Ltd. Fka. Acme Vision International Ltd (BVI). Jika ditelusuri, Auric Capital Holding dikendalikan secara tidak langsung oleh Stephen Riady dan Andy Adhiwana.

Kedua sosok ini memiliki hubungan keluarga, di mana Andy merupakan menantu dari Stephen Riady. Seperti diketahui, Stephen adalah salah satu putra pendiri Grup Lippo, Mochtar Riady.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

matahari department store grup lippo emiten ritel
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top