Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Batu Bara Acuan Melonjak, Saham Mana yang Layak Koleksi?

Kenaikan harga batu bara secara langsung akan mempengaruhi kinerja fundamental emiten. Penguatan harga tersebut terutama akan dirasakan oleh emiten-emiten yang memiliki porsi ekspor cukup besar.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 06 Juli 2021  |  14:58 WIB
Harga Batu Bara Acuan Melonjak, Saham Mana yang Layak Koleksi?
Proses mobilisasi batu bara dari ketinggian 15 meter - 20 meter di Anjungan Tambang Air Laya yang disediakan PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) - Tim Jelajah Komoditas Bisnis Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kenaikan harga batu bara diyakini akan menimbulkan dampak positif bagi kinerja emiten-emiten pada sektor tersebut. Sejumlah saham potensial pada sektor ini juga patut dicermati oleh investor.

Analis Samuel Sekuritas Dessy Lapagu menuturkan kenaikan harga batu bara secara langsung akan mempengaruhi kinerja fundamental emiten. Penguatan harga tersebut terutama akan dirasakan oleh emiten-emiten yang memiliki porsi ekspor cukup besar.

Ia menilai, prospek kinerja emiten batu bara pada tahun ini masih akan positif. Salah satu sentimen pendukungnya adalah ekspektasi kenaikan produksi. Dessy memaparkan, produktivitas emiten pada kuartal I/2021 masih berada dibawah ekspektasi

“Ini disebabkan oleh curah hujan yang tinggi, sehingga kegiatan produksi tidak dapat berjalan secara maksimal,” jelasnya saat dihubungi pada Selasa (6/7/2021).

Lebih lanjut, ia menambahkan, dengan ekspektasi curah hujan yang mulai berkurang setelah kuartal I/2021, produksi batu bara diharapkan akan semakin tinggi. Hal tersebut akan berimbas pada kenaikan kinerja emiten-emiten di sektor ini.

Dessy menilai, emiten batu bara yang patut dicermati adalah yang porsi ekspornya cukup dominan serta memiliki stripping ratio yang rendah. Ia merekomendasikan PT Adaro Energy Tbk (ADRO) dengan rating buy dan target harga Rp1.530.

Secara terpisah, Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada menjelaskan, di atas kertas, kenaikan harga batu bara acuan (HBA) akan menimbulkan dampak positif. Meski demikian, kenaikan tersebut pada kenyataannya hanya akan berimbas pada perubahan harga saham sebuah perusahaan.

Reza memaparkan, kenaikan HBA belum tentu akan berefek positif bagi kinerja keuangan sebuah emiten. Kenaikan tersebut juga perlu dilihat dari sisi nilai kontrak penjualan dari masing-masing perusahaan.

Ia melanjutkan, perubahan HBA tidak akan langsung direspons oleh para perusahaan. Umumnya, mereka telah memiliki kontrak penjualan dengan kesepakatan harga yang berlaku pada saat ini.

“Ibaratnya seperti perubahan suku bunga acuan BI tidak akan langsung direspons oleh perbankan. Apalagi, jika harga penjualannya sudah terikat kontrak misalnya 6 bulan pada harga tertentu, maka harga itulah yang dipakai,” jelasnya.

Ke depannya, Reza mengatakan masih ada sejumlah sentimen lain yang akan mempengaruhi kinerja emiten sektor batu bara pada tahun ini. Beberapa diantaranya adalah peraturan pemerintah terkait dengan bea ekspor, kewajiban pembangunan smelter, hingga kebijakan green economy yang diberlakukan di sejumlah negara.

Kendati demikian, Reza menilai masih ada beberapa emiten yang patut dicermati oleh para investor mengingat rasio price to equity (P/E) yang rendah. Ia merekomendasikan PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) dengan target harga Rp16.250, PT Petrosea Tbk (PTRO) pada harga Rp2.200, dan ADRO di level Rp1.500 yang masih memiliki P/E dibawah 10 kali.

“Ada pula emiten yang berhasil menekan kerugiannya seperti PT Indika Energy Tbk (INDY) masih layak dicermati pada target harga Rp1.500,” pungkasnya.

 

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rekomendasi saham emiten tambang harga batu bara
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top