Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nilai Logam Ini Lampaui Harga Emas, Apa Tuh?

Logam yang digunakan dalam catalytic converter mencapai titik tertinggi sepanjang masa lebih dari US$3.018 per ons pada Mei dan bahkan saat relinya mendingin selama sebulan terakhir, masih lebih dari US$900 lebih mahal daripada emas batangan.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 09 Juni 2021  |  15:54 WIB
Paladium - Wikipedia
Paladium - Wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Lonjakan paladium telah memberinya gelar logam mulia yang paling mahal yang diperdagangkan, dan kesenjangannya dengan emas dapat melebar karena permintaan mendorong harga.

Dilansir Bloomberg, Rabu (9/6/2021), logam yang digunakan dalam catalytic converter mencapai titik tertinggi sepanjang masa lebih dari US$3.018 per ons pada Mei dan bahkan saat relinya mendingin selama sebulan terakhir, masih lebih dari US$900 lebih mahal daripada emas batangan.

Selisih antara keduanya melonjak bulan lalu ke level tertinggi sejak rekornya pada Februari tahun lalu dan mungkin terus meningkat karena pemulihan ekonomi global mendorong konsumsi.

Pasar paladium global diperkirakan akan mengalami defisit karena rebound di industri otomotif, kontrol polusi yang lebih ketat dan pemangkasan pasokan yang tak terduga setelah produsen terbesar dunia itu mengatakan banjir di tambang Arktik akan membatasi produksi.

Ini adalah prospek yang berbeda untuk emas, yang sedikit berubah tahun ini dibandingkan dengan lonjakan 15 persen pada paladium.

Georgette Boele, analis logam mulia senior di ABN Amro mengatakan emas akan melemah, dan mungkin jatuh ke harga US$1.700 per ons pada akhir tahun, karena penguatan dolar AS dan kenaikan imbal hasil riil.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emas paladium

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top