Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elon Musk Kembali Mencuit tentang Kripto, Bitcoin Naik Lagi

Elon Musk kembali memperbandingkan aset kripto dengan mata uang fiat, yang akhirnya mempengaruhi nilai tukar Bitcoin baru-baru ini.
Elon Musk/Reuters
Elon Musk/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Cuitan Elon Musk lagi-lagi berhasil mempengaruhi pasar aset kripto dunia. Pergerakan harga Bitcoin pun mengalami kenaikan setelah pendiri Tesla Inc. itu menulis cuitan di akun Twitter miliknya pada Sabtu (22/5/2021).

Dalam cuitannya kali ini, dia memperbandingkan mata uang kripto alias cryptocurrency dengan uang fiat. Adapun, uang fiat adalah mata uang yang dikeluarkan pemerintah yang tidak didukung oleh komoditas fisik, seperti emas atau perak. Kendati demikian pemerintah tetap menjadi penerbit dan pengendalinya.

“Pertempuran sebenarnya adalah antara fiat dan aset kripto. Secara berimbang, saya mendukung yang terakhir [kripto]," ujarnya melalui akun @elonmusk, Sabtu (22/5/2021).

Cuitan itu merupakan balasan dari pertanyaan publik mengenai apa pendapatnya ketika banyak orang marah kepadanya karena aset kripto.

Seperti dilansir dari Bloomberg, cuitan Musk itu berhasil mengerek nilai tukar Bitcoin ke level US$38.700 pada Sabtu (22/5/2021) pukul 9.32 waktu New York. Sementara itu, jika menilik data di coinmarketcap.com nilai tukar Bitcoin naik 1 persen ke level US$37.957 dalam satu hari terakhir.

Pendapat Musk terkait uang fiat dan aset kripto sebenarnya bukanlah yang pertama kali. Sebab, dia pernah mencuit hal yang hampir sama pada Desember lalu. Kala itu dia menyebut bahwa Bitcoin hampir sama dengan uang fiat.

Adapun, pekan lalu Musk membahas keputusannya menghentikan program pembayaran kendaraan Tesla dengan Bitcoin dengan alasan lingkungan. Dia mengakui bahwa penggunaan Bitcoin sama dengan mendukung konsumsi besar-besaran terhadap listrik global, yang memicu penggunaan energi tak terbarukan untuk mengoperasikan pembangkit listrik di beberapa negara.

Pada Minggu (16/5/2021) lalu, Musk terlihat menyetujui sebuah unggahan yang menyarankan Tesla sebaiknya mendivestasikan kepemilikan Bitcoinnya senilai US$1,5 miliar.

“Musk terlihat melawan semua kritik di Twitter selama akhir pekan kemarin dan menyebabkan fluktuasi harga Bitcoin yang cukup besar,” jelas Head of Research Pepperstone Group, Chris Weston dalam laporannya.

Pada Februari lalu, Musk melaporkan bahwa Tesla telah menginvestasikan dana sebesar US$1,5 miliar untuk membeli Bitcoin. Keputusan tersebut melambungkan harga Bitcoin dan semakin memperkuat legitimasi mata uang virtual untuk menjadi aset arus utama.

Namun, dalam beberapa minggu terakhir, komentar Musk di dunia maya terkait Bitcoin mengguncangkan keyakinan para investor aset ini. Dalam beberapa cuitannya, Musk tetap mendukung perkembangan mata uang digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper